Kasus Pemberhentian Dua Perangkat Desa: Rekom Camat Diduga Konspirasi dengan Kades

BANYUWANGI, Korandor.com – PROSES pemberhentian perangkat Desa oleh Kepala Desa tak jarang menimbulkan konflik di tingkat desa. Hal ...




BANYUWANGI, Korandor.com – PROSES pemberhentian perangkat Desa oleh Kepala Desa tak jarang menimbulkan konflik di tingkat desa. Hal itu disinyalir boleh jadi antara lain karena ada kebijakan Kepala Desa cenderung membuat keputusan secara semena-mena tanpa mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Hal itu terjadi juga di Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore. Kepala Desa Bumiharjo, tanpa alasan yang jelas, mengeluarkan Surat Peringatan (SP) beruntun kepada dua Kepala Dusun (Kadus) yaitu Kepala Dusun Wonoasih dan Kepala Dusun Sugihwaras.

Dari pemberitaan di salah satu media disebutkan, lantaran diduga tidak memiliki ijasah SLTA Kepala Dusun Wonoasih dan Kepala Dusun Sugihwaras mendapat SP sampai tiga kali. Berarti kedua Kadus tersebut harus melepaskan jabatan.

Kedua Kadus menduga, dikeluarkannya SP ketiga hanya sebagai alasan untuk dapat memberhentikan. Padahal, mereka mengaku sudah bekerja sesuai dengan perintah dan aturan yang ada serta melaksanakan tugas sebagaimana diperintahkan oleh Kades.

Hal itu menunjukkan, sikap dan kebijakan seorang Kades Bumiharjo terkesan tidak mencerminkan sosok seorang pemimpin yang bijaksana karena melakukan keputusan yang berisiko menimbulkan suasana di lingkungan masyarakat menjadi tidak kondusif.

Ironisnya lagi, Camat Glenmore telah memberikan rekomendasi atas pengajuan Kepala Desa Bumiharjo untuk memberhentikan kedua Kadusnya tersebut.

SP pertama no 141.32/157/429.520.006/ 2017 yang dikeluarkan Kades Bumiharjo tanggal 22 Desember 2017 lalu menyebut tingkat kehadiran Kadus di Kantor Desa tidak maksimal dan tidak melakukan pelaporan baik secara lisan maupun secara tertulis tugas dan fungsi sebagai Kadus.

Selanjutnya pada tanggal 2 Februari 2018 Kades kembali mengeluarkan SP kedua nomor 141.32/17/429.520.006/2018 dengan alasan setelah melakukan absensi kehadiran, Kadus tidak segera melakukan tugas kewilayahan dan hanya ada di Kantor Desa.

Sedangkan dalam SP Ketiga dengan nomor 141.32/09/420.520.006/2019 yang dikeluarkan tanggal 14 Januari 2019, selama dikeluarkannya SP Kedua, Kadus tidak pernah melaksanakan kegiatan ditingkat bawah, termasuk melaksanakan kerja bakti sesuai dengan visi dan misi Kades dan tidak pernah melaporkan kegiatan baik secara lisan maupun tertulis.

Saat dikonfirmasi beberapa media Kadus Sugihwaras, Ahmad Jaelani mengatakan bahwa masalah ini muncul saat Kades tiba-tiba memberikan SP pertama dimana Kades menuduhnya tidak pernah hadir dan tidak melakukan absensi di Kantor Desa. Selain itu Kades juga menuduh tidak bekerja sesuai dengan tupoksi.

“Itu tidak benar karena saya selalu melakukan laporan terkait tugas dan setiap kali tidak hadir selalu ijin kepada Kades secara lisan. Kalau tidak bertemu Kades, lazim saya minta ijin melalui pesan WA Group,” tandas dia.

Sementara Kadus Wonoasih, Sutarji menambahkan, SP yang diterimanya mulai dari SP pertama hingga SP ketiga cenderung janggal karena isi dan tanggal sama dengan Kadus Sugihwaras. “Jadi kami terima SP dari Kades isi sama, tanggal dan jamnya pun sama. Benar-benar aneh bin ajaib,” tutur Sutarji dengan nada heran.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Bumiharjo Tupon saat dikonfirmasi beberapa media mengakui jika telah mengeluarkan SP untuk kedua Kadusnya tersebut hingga SP ketiga. Menurutnya, SP itu wajar dikeluarkan apabila ada permasalahan yang harus disikapi. “Semua kesalahan itu kan bisa dibaca dengan pikiran, dengan mata, dan pelaksanaannya pun bisa langsung ditegur, juga bisa langsung peringatan. Ini kan terserah kami, dalam menyikapi,” tambah dia.

Jadi, menurut beliau, permasalahan itu biasa-biasa saja, hanya perlu untuk disikapi dan hingga saat ini mereka (kedua Kadus) masih menjabat sebagai Kadus. “Hingga saat ini kita belum menindaklanjut rekom dari Pak Camat, kalau rekom itu sudah kita tindak lanjuti, baru njenengan bisa tanyakan, apa sih alasannya dan kenapa kok sampai diberhentikan.”

Di tempat terpisah Camat Glenmore, Didik Suharsono, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler berdalih pemberian rekomendasi tersebut sesuai surat pengajuan Kades Bumiharjo dan berdasarkan SP ketiga. “Dasar saya memberi rekom semata-mata atas pengajuan Kades,” ketus dia.

Ketika ditanya terkait kebenaran SP ketiga yang dikeluarkan Kades Bumiharjo untuk dua Kadusnya, Didik menilai kalau SP ketiga tersebut sudah benar dan sudah dipelajari. “SP ketiga itu sudah benar dan sudah saya pelajari,” imbuhnya.

Didik juga membantah tidak pernah melakukan intervensi terhadap Kadus tersebut, beliau mengaku hanya meneruskan ucapan yang disampaikan Kades Bumiharjo kepada dia. “Saya tidak pernah menyuruh Kadus untuk mundur. Saya hanya meneruskan ucapan Kades,” tandasnya. (ris/dod/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,60,Bali,170,Berita Utama,105,Gresik,135,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,64,Nasional,106,Olahraga,10,Regional,279,Tajuk,11,Tanah Bumbu,96,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Kasus Pemberhentian Dua Perangkat Desa: Rekom Camat Diduga Konspirasi dengan Kades
Kasus Pemberhentian Dua Perangkat Desa: Rekom Camat Diduga Konspirasi dengan Kades
https://1.bp.blogspot.com/-1mmp65CdC4k/XHv8wofW4eI/AAAAAAAAUMs/3KjdOrnCjn8nZH0wbSnzcccbkI3S6vwKwCLcBGAs/s320/bwi%2BkadusSugihwaras%2Bdan%2Bkadus%2B%2BWonoasih%2B%25282%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1mmp65CdC4k/XHv8wofW4eI/AAAAAAAAUMs/3KjdOrnCjn8nZH0wbSnzcccbkI3S6vwKwCLcBGAs/s72-c/bwi%2BkadusSugihwaras%2Bdan%2Bkadus%2B%2BWonoasih%2B%25282%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/kasus-pemberhentian-dua-perangkat-desa.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/kasus-pemberhentian-dua-perangkat-desa.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy