Komisi III DPRD Kepri Minta Bappenas Proposional Alokasikan Dana Perimbangan

KEPRI, Korandor.com – KOMISI   III DPRD Kepulauan Riau yang membidangi pembangunan secara khusus melakukan konsultasi dengan Bad...





KEPRI, Korandor.com – KOMISI  III DPRD Kepulauan Riau yang membidangi pembangunan secara khusus melakukan konsultasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Jakarta 13-15 Februari 2019 lalu.

Dalam kegiatan konsultasi itu Komisi III DPRD Kepri yang dipimpin langsung Ketua Komisi Widiastadi Nugroho sangat berharap pemerintah pusat dapat lebih fokus memberi perhatian terhadap perkembangan pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau.

“Provinsi kita merupakan wilayah terdepan dengan sebagian besar wilayahnya merupakan laut dan berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga,” kata Widiastadi.

Menurut dia, saat ini pemerintah pusat dirasakan belum cukup optimal melakukan pembangunan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan daerah kepulauan sekaligus tergolong wilayah terdepan, tertinggal dan terluar.  “Jika hanya mengandalkan APDB Kepri yang hanya Rp 3,5 triliun mustahil mampu membangun secara optimal,” tutur  pria yang akrab disapa Mas Iik. Ia pun menandaskan dalam membangun sebuah wilayah yang memiliki karakteristik kepulauan dibutuhkan dana cukup besar.

Anggota Komisi III Irwansyah mengatakan APDB Kepri sebesar Rp 3,5 triliun yang sebagian besar berasal dari dana perimbangan dirasa tidak cukup menjangkau pembangunan di seluruh wilayah di Kepri.  “Dengan APBD kita tersebut kita tidak akan bisa optimal dalam melaksanakan pembangunan sebab membangun wilayah yang berkarakteristik kepulauan butuh anggaran sangat besar.”

Irwansyah juga menegaskan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Bappenas agar Kepri dijadikan salah satu daerah prioritas dalam hal pembangunan wilayah 3T.  Bagaimana caranya agar Kepri bisa mendapatkan dukungan anggaran pembangunan infrastruktur atau yang lain lebih besar dari pemerintah pusat.

Sedangkan Anggota Komisi III Suryani mengatakan saat ini pemerintah pusat belum cukup optimal dalam mengolah potensi yang ada di Kepri.  “Kalau pemerintah pusat bisa lebih optimal lagi dalam 
mengolah potensi di Kepri maka akan ada hasil yang lebih besar lagi karena memang Kepri memiliki potensi yang sangat besar,” tutur dia.

Ia mencontohkan persoalan labuh jangkar yang sampai saat ini belum ada kejelasan. Selain itu, ia juga mencontohkan potensi perikanan yang ada di Kepri khususnya di wilayah perairan Natuna belum tergarap secara optimal. Pemerintah pusat perlu memiliki konsep khusus dalam melakukan pembangunan di wilayah Kepri mengingat Kepri yang wilayahnya terdiri dari 96 % laut sekaligus merupakan wilayah 3T.

Menanggapi hal itu Direktur Pendanaan Bappenas Erwin mengatakan ABPD Kepri sebesar Rp 3,5 triliun memang dirasa sangat kecil dilihat wilayah Kepri yang sangat luas dan merupakan daerah kepulauan. Ia menjelaskan bahwa pemerintah provinsi bisa lebih mengoptimalkan lagi anggaran. 

 “Jangan lupa di Kepri ada BP Batam yang memiliki anggaran sebesar Rp 1,8 triliun tiap tahun. Nah, dari sana provinsi bisa mengoptimalkan pembangunan terkhusus untuk wilayah Batam,” kilah Erwin.
Bapennas melihat potensi di Kepri tidak hanya dari sektor laut melainkan ada sektor pariwisata yang memang sampai saat ini belum optimal dalam pengembangan. Erwin mengakui memang dalam mendukung sektor pariwisata dibutuhkan infrastruktur memadai.

Seperti di Lagoi, pemerintah provinsi bisa menggandeng swasta dalam membangun sektor pariwisata. Begitu pun  daerah lain di Kepri. Kelak pemerintah pusat akan mendukung pembangunan infrastruktur seperti jalan akses dan lain-lain.

Ia menambahkan saat ini Kepri adalah salah satu wilayah prioritas dalam melaksanakan pembangunan oleh pemerintah pusat. Hal itu dibuktikan cukup banyak proyek pemerintah pusat di Kepri seperti pengembangan wilayah selat Lampa di Natuna.  Selain Natuna, di Batam pemerintah pusat saat ini tengah membuat design Aero City yakni mengintegrasikan Bandara Hang Nadim dengan Pelabuhan Batu Ampar.

Dalam kegiatan konsultasi tersebut hadir anggota Komisi III antara lain Widiastadi Nugroho, Surya Makmur Nasution, Raja Bakhtiar, Alex Guspeneldi, Suryani, Saproni, Sahmadin Sinaga, Irwansyah dan Asep Nurdin. (wk/hl/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,97,Bali,238,Berita Utama,163,Gresik,203,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,92,Nasional,169,Olahraga,10,Regional,391,Tajuk,21,Tanah Bumbu,156,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Komisi III DPRD Kepri Minta Bappenas Proposional Alokasikan Dana Perimbangan
Komisi III DPRD Kepri Minta Bappenas Proposional Alokasikan Dana Perimbangan
https://3.bp.blogspot.com/-S6eKsuBw-2w/XHv2mEZbNmI/AAAAAAAAULg/zPKtlZO-zvgHysidi_VEgt48ETNK3E0dwCLcBGAs/s320/riau%2BKomisi%2BIII%2BDPRD%2BKepri%2BMinta%2BBappenas%2BRI%2BProposional%2BAlokasikan%2BDana%2BPerimbangan.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-S6eKsuBw-2w/XHv2mEZbNmI/AAAAAAAAULg/zPKtlZO-zvgHysidi_VEgt48ETNK3E0dwCLcBGAs/s72-c/riau%2BKomisi%2BIII%2BDPRD%2BKepri%2BMinta%2BBappenas%2BRI%2BProposional%2BAlokasikan%2BDana%2BPerimbangan.jpeg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/komisi-iii-dprd-kepri-minta-bappenas.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/komisi-iii-dprd-kepri-minta-bappenas.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy