Pemkab Latih 50 Relawan Masyarakat Peduli Api

BATULICIN, Korandor.com    - GUNA meningkatkan kapasitas relawan dalam rangka pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan la...





BATULICIN, Korandor.com  - GUNA meningkatkan kapasitas relawan dalam rangka pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggelar pelatihan relawan Masyarakat Peduli Api (MPA).  Pelatihan diikuti 50 peserta relawan MPA se Tanah Bumbu.

Pelatihan MPA dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, H Rooswandi Salem, Selasa (5/3) di Mahligai Bersujud ditandai dengan pemakaian atribut dan kartu peserta kepada dua orang perwakilan peserta.

Pelatihan relawan MPA penting untuk dilaksanakan bagi terwujudnya relawan yang tanggap, tangkas, dan tangguh dalam penanggulangan bencana khususnya pengendalian Karhutla.  Sementara Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Rooswandi Salem mengatakan pihaknya sangat menyambut baik dilaksanakannya pelatihan relawan MPA.

Pelatihan ini dilaksanakan, tambah Bupati,  guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi serta mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam rangka kesiap-siagaan menghadapi bencana di daerah ini, Bupati berharap BPBD Kabupaten Tanah Bumbu dapat melaksanakan pelatihan secara kontinyu, efektif dan inovatif serta mampu memetakan lokasi rawan bencana. Kepada tenaga pelatih, Bupati berpesan agar memberikan pengetahuan yang tepat kepada peserta dalam mengantisipasi dan menghadapi kebakaran hutan dan lahan.

Sedangkan  kepada para peserta, Bupati minta untuk mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dapat diaplikasikan sebagai bentuk antisipasi dini, dalam melakukan pertolongan dan tindakan penyelematan serta kerugian yang ditimbulkan akibat bencana.

Sekda menambahkan penanganan karhutla menjadi prioritas pemerintah pusat mengingat permasalahan karhutla ini mengakibatkan dampak yang luar biasa bagi lingkungan dan kesehatan.  Bahkan dampak yang ditimbulkan bisa mengganggu negara tetangga akibat keberadaan kabut asap.
Sekda menambahkan, kejadian serupa seperti kabut asap pernah pula terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu dalam beberapa tahun yang lalu. Namun, dengan sinerginya peran antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat maka permasalahan karhutla di Tanah Bumbu sehingga  jumlah titik api dapat diturunkan dan tidak terjadi lagi kabut asap.

Permasalahan selain Karhutla yang perlu diperhatikan di Tanah Bumbu adalah semakin padatnya rumah penduduk yang jika terjadi kebakaran beresiko menimbulkan kerugian yang sangat besar. "Antisipasi kebakaran rumah penduduk ini perlu strategi yang baik dan menjadi perhatian kita semua," tutur  Sekda.

Untuk itu sekda meminta agar pihak atau SKPD terkait perlu memotivasi masyarakat dalam hal menjaga lingkungan dan lebih hati-hati terhadap terjadinya potensi yang menimbulkan kebakaran.
"BPBD ataupun instansi terkait dapat membentuk sebuah organisasi atau kelompok masyarakat yang peduli terhadap api utamanya pada kebakaran di wilayah pemukiman penduduk," tambahnya. (rel/is/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,97,Bali,238,Berita Utama,163,Gresik,203,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,92,Nasional,169,Olahraga,10,Regional,391,Tajuk,21,Tanah Bumbu,156,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Pemkab Latih 50 Relawan Masyarakat Peduli Api
Pemkab Latih 50 Relawan Masyarakat Peduli Api
https://2.bp.blogspot.com/-6_Jkot_mLrc/XIUMbS5eiEI/AAAAAAAAUQ0/bOcKt_y8DxIFZ8ArkPMDsU2zCMoFu_2oACLcBGAs/s320/tanbu%2Bft%2Bbrt%2Bpemkab%2Blatih%2B50%2Brelawan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-6_Jkot_mLrc/XIUMbS5eiEI/AAAAAAAAUQ0/bOcKt_y8DxIFZ8ArkPMDsU2zCMoFu_2oACLcBGAs/s72-c/tanbu%2Bft%2Bbrt%2Bpemkab%2Blatih%2B50%2Brelawan.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/pemkab-latih-50-relawan-masyarakat.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/pemkab-latih-50-relawan-masyarakat.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy