Peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas

PROBOLINGGO, Korandor.com– PEMERINTAH Kabupaten Probolinggo melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memperingati Hari Ulang ...




PROBOLINGGO, Korandor.com– PEMERINTAH Kabupaten Probolinggo melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar), HUT ke-69 Satpol PP dan HUT ke-57 Perlindungan Masyarakat (Linmas) tahun 2019 dalam sebuah apel bersama yang digelar di Halaman Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan, Selasa (19/3).

Peringatan HUT ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP dan HUT ke-57 Linmas ini mengambil tema “Peningkatan Ketentraman dan Ketertiban Umum Linmas Melalui Optimalisasi Peran Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Guna Mensukseskan Pemilu Serentak 2019”. Apel bersama ini diikuti oleh ratusan peserta terdiri dari personil Satpol PP, Damkar, Linmas serta karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam apel bersama ini adalah Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Perwira Upacara adalah Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi. Sementara seluruh petugas berasal dari personil Satpol PP Kabupaten Probolinggo. Tidak ketinggalan Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari SE mengatakan peran penting Damkar, Satpol PP dan Satlinmas tercermin dari tugas dan tanggungjawab masing-masing. Tugas utama antara lain adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran. Termasuk di dalamnya memberdayakan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

“Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat agar dapat beraktifitas secara aman dan nyaman. Satuan Linmas secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketentraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketentraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu serta membantu upaya pertahanan negara,” ujarnya.

Menurut Bupati Tantri, seluruh aparatur pemerintahan mempunyai kewajiban untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif. Oleh itu seluruh aparatur pemerintahan harus bersama-sama menjaga kualitas penyelenggaraan Pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah demokrasi, luber, jurdil serta bermartabat.

“Harus dipastikan agar semua pihak dan komponen bangsa ini mematuhi aturan dan berpolitik secara santun, sehingga proses demokrasi ini nantinya akan melahirkan pemimpin bangsa yang mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia tercinta,” tambahnya.

Dalam kesempatan Bupati Tantri juga meneruskan Instruksi Menteri Dalam Negeri sebagai penguatan penyelenggaraan kebakaran dan penyelenggaraan ketentraman ketertiban umum di Kabupaten Probolinggo. Pertama melakukan penguatan kelembagaan penyelenggaraan sub urusan kebakaran dan sub urusan ketentraman dan ketertiban umum. Menjadikan petugas pemadam kebakaran terlatih dan terampil dalam melaksanakan tugas. Dengan demikian penguatan Satpol PP dan Linmas menjadi sebuah keniscayaan seiring tugas fungsi dan tanggung jawab yang diemban.

“Yang kedua, melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur. Secara kuantitas terpenuhi kebutuhan jumlah aparatur, baik kuantitas maupun kualitas melalui berbagai pendidikan dan pelatihan, termasuk didalamnya peningkatan dan kesejahteraannya. Ketiga, melakukan peningkatan sarana prasarana penunjang dalam pelaksanaan tugas fungsi. Dalam hal ini terutama sarana prasarana untuk proteksi aparatur dan penyelamatan masyarakat.”

Apel bersama HUT ke-100 Damkar, HUT ke-Satpol PP dan Linmas ini juga diisi dengan penyerahan Sertifikat Pendidikan Dasar Satpol PP dan Sertifikat Uji Kompetensi. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama tentang pencegahan kebakaran di perusahaan se-Kabupaten Probolinggo oleh Bupati Tantri dan perwakilan perusahaan.

Peringatan HUT ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP dan HUT ke-57 Linmas ini juga diisi dengan atraksi penampilan Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo. Serta simulasi pertolongan dan evakuasi yang dilakukan oleh tim penyelamat Damkar Kabupaten Probolinggo. (woko/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,97,Bali,238,Berita Utama,163,Gresik,203,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,92,Nasional,169,Olahraga,10,Regional,391,Tajuk,21,Tanah Bumbu,156,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas
Peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas
https://2.bp.blogspot.com/-nfkczxhm0P0/XJeUEXjffFI/AAAAAAAAUcQ/AtDeUF2SoqU8jtsxE9HFuQTl_vmSzGHagCLcBGAs/s320/prob%2Bft%2Bbrt%2BHUT%2BDamkar.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-nfkczxhm0P0/XJeUEXjffFI/AAAAAAAAUcQ/AtDeUF2SoqU8jtsxE9HFuQTl_vmSzGHagCLcBGAs/s72-c/prob%2Bft%2Bbrt%2BHUT%2BDamkar.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/peringatan-hut-damkar-satpol-pp-dan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/peringatan-hut-damkar-satpol-pp-dan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy