Plt I Wayan Miarsana Buka Olimpiade MIPA Tingkat SD Se Kabupaten Tabanan

TABANAN, Korandor.com - GUNA menjaring duta terbaik Tabanan di bidang SAINS jenjang SD khususnya mata pelajaran Matematika dan IPA,...




TABANAN, Korandor.com - GUNA menjaring duta terbaik Tabanan di bidang SAINS jenjang SD khususnya mata pelajaran Matematika dan IPA, Dinas Pendidikan Pemuda dan OLahraga Kabupaten Tabanan mengadakan olimpiade SAINS MIPA tingkat Kabupaten.
Bertempat di SDN 1 Dajan Peken,Tabanan, Sabtu (2/3), peserta lomba diikuti sebanyak 138 siswa sekolah dasar dari 10 kecamatan yang ada. Acara diawali dengan pementasan tari sambutan Bungan Sandat Tabanan Serasi oleh siswi SDN 1 Dajan Peken, Tabanan yang dirangkai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stansa.
I Wayan Miarsana,SH, MSi, yang ditunjuk sebagai Plt Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan lomba Olimpiade Sains dari dua mata pelajaran yang dilombakan yakni Matematika dan IPA. 
Sejak awal digelarnya olimpiade ini tahun 2016 silam, dan hasilnya sudah bisa dirasakan bahwa prestasi anak-anak Tabanan sudah sampai ke tingkat nasional, meskipun baru hanya bisa diraih satu atau pun dua orang. Tentunya dengan hasil prestasi tersebut kita merasa bangga akan prestasi yang telah diraihnya. Pihaknya optimis dalam olimpiade ini anak-anak Tabanan bisa meraih perunggu,” ujar Miarsana yang juga merupakan Asisten 1 Setda Kabupaten Tabanan.
Miarsana menambahkan, olimpiade ini merupakan evaluasi atau ujian sejauh mana materi pelajaran yang telah diberikan di sekolah bisa diserap oleh siswa yang nantinya bisa bermanfaat. Selain itu, adapun tujuan digelarnya olimpiade ini adalah sebagai tolak ukur bagi para guru sejauh mana bisa mengimplimentasikan kurikulum dan standar pembelajaran yang telah diterapkan oleh pemerintah, sebagai langkah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita.
Kedepan dengan adanya olimpiade ini, berharap agar terus dilakukan review atau pun pembenahan dan pembaharuan sehingga substansi materi yang akan diujikan yang akan diberikan kepada anak-anak semakin luas dan semakin mampu mengadopsi seluruh nilai-nilai atau pun norma pendidikan yang akan dijadikan substansi penilaian dalam perlombaan ini.
Pihaknya berharap olimpiade ini supaya terus berkesinambungan, dan walaupun saat ini pola pendidikan masih pola teksbook kedepan anak-anak supaya diberikan bimbingan yang berorientasi pada alam atau pun kehidupan sosial meskipun secara berjenjang.
Kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas sumber daya di bidang sains dan teknologi.  Selain itu, olimpiade ini juga diarahkan sebagai sarana yang bersifat implementatif dan efektif dalam membina dan membangun karakter para siswa ,” harapnya.
Ketua Panitia, Ni Sayu Putu Kompyang Sari, SSos selaku Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdik Kabupaten Tabanan dalam sambutannya melaporkan, adapun tujuan umum dari olimpiade MIPA ini adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan IPA, sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi.
Jumlah peserta dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 sekolah dasar ini  sebanyak 138 siswa yang merupakan hasil seleksi dari 10 kecamatan. Dimana dari 138 siswa tersebut 69 siswa mengikuti bidang Matematika dan 69 siswa lagi mengkuti bidang IPA. Olimpiade ini merupakan upaya perbaikan pendidikan ke arah yang lebih baik tentunya dengan melakukan konsolidasi, koordinasi, dan pembinaan yang lebih baik agar dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi siswa, ” paparnya.
Pihaknya berharap agar kegiatan lomba olimpiade ini bisa menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas dan kemampuan berfikir kritis, sehingga pada saatnya mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri,” harapnya. (gin)

COMMENTS

ADVERTORIAL,72,Bali,188,Berita Utama,123,Gresik,154,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,69,Nasional,126,Olahraga,10,Regional,305,Tajuk,13,Tanah Bumbu,112,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Plt I Wayan Miarsana Buka Olimpiade MIPA Tingkat SD Se Kabupaten Tabanan
Plt I Wayan Miarsana Buka Olimpiade MIPA Tingkat SD Se Kabupaten Tabanan
https://4.bp.blogspot.com/-76IuR2B3Fpw/XI5hHrvXpzI/AAAAAAAAUUI/daxfNznVv0UUT4A6AbrW6mTlmoGqtTrYACLcBGAs/s320/bali%2Blomba%2Bmipa%2Bsd%2B1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-76IuR2B3Fpw/XI5hHrvXpzI/AAAAAAAAUUI/daxfNznVv0UUT4A6AbrW6mTlmoGqtTrYACLcBGAs/s72-c/bali%2Blomba%2Bmipa%2Bsd%2B1.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/plt-i-wayan-miarsana-buka-olimpiade.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/plt-i-wayan-miarsana-buka-olimpiade.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy