PT.Maspion Divonis Kalah Diperintah Agar Segera Kembalikan Tanah Di Jalan Pemuda 17 kepada Pemkot Surabaya

SURABAYA, Korandor.com – PT MASPION Grup, pimpinan pengusaha   Alim Markus, divonis kalah oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Gug...




SURABAYA, Korandor.com – PT MASPION Grup, pimpinan pengusaha  Alim Markus, divonis kalah oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Gugatan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terhadap PT Mapion terkait sengketa tanah Jalan Pemuda Nomor 17, Surabaya, dimenangkan  majelis hakim yang diketuai R. Anton Widyopriono.

Pada amar putusannya, dalam siding  Kamis (14/3/2019), R.Anton menyatakan, PT Maspion telah melakukan perbuatan melawan hukum, karena tidak kunjung mengembalikan tanah seluas 2.143 meter persegi tersebut kepada Pemkot Surabaya.

Dalam perjanjian antara Pemkot Surabaya dengan PT Maspion, disepakati bahwa PT Maspion berhak memanfaatkan tanah itu selama 20 tahun. Pemkot Surabaya, mengeluarkan Hak Guna Bangunan (HGB) di atas Hak Pengelolaan Lahan (HPL) kepada PT.Maspion pada 1996 lalu. Perjanjian itu berakhir pada 15 Januari 2016 lalu.

Majelis hakim berpendapat bahwa Maspion telah melakukan perbuatan melawan hukum karena tidak kunjung menyerahkan tanah tersebut ke Pemkot Surabaya. Berdasarkan kenyataan, Pemkot Surabaya, sudah benar menolak permohonan Maspion. Sebab, permohonan perpanjangan selambatnya diajukan dua tahun sebelum masanya habis. Tapi Maspion baru mengajukan empat bulan menjelang masa HGB habis.

Oleh sebab itu, majelis hakim memutuskan, agar Maspion diminta untuk segera menyerahkan tanah tersebut.

Di samping itu, majelis hakim menghukum tergugat atau pihak ketiga yang menerima hak dari tergugat, untuk mengosongkan dan menyerahkan tanah obyek sengketa kepada penggugat. Apabila diperlukan bisa menggunakan alat negara selambat-lambatnya tujuh hari sejak putusan ini berkekuatan hukum tetap, ujar hakim Anton.

Kecuali itu, majelis hakim menolak sebagian gugatan pemkot. Antara lain yang meminta Maspion membayar ganti rugi materiil Rp 2,1 miliar dan immateriil Rp 100 miliar. Tuntutan itu dianggap majelis kabur karena selama menyewa tanah tersebut, Maspion selalu membayarnya dan hasilnya masuk ke kas negara.

Kendati demikian, ujar ketua majelis hakim, pihak Maspion memiliki kesempatan dua pekan setelah sidang putusan ini,  untuk mengajukan banding atau tidak. Kuasa hukum Maspion, Era Destriana yang hadir dalam siding belum bersedia memberi berkomentar. Dia menyatakan, akan berkoordinasi dulu dengan pihak Maspion, untuk memutuskan apakah akan banding atau tidak.

Pengacara Wali Kota Surabaya, Yudho Wicaksono menyambut baik putusan hakim tersebut. Dia menyatakan bahwa Maspion sudah melakukan perbuatan melawan hukum. Menurutnya, sertifikat HGB sudah berakhir tapi sampai sekarang tanah belum diserahkan. Yudho menyatakan, akan tunggu selama 14 hari, apakah lawan banding atau tidak. Nanti pihaknya akan minta baik-baik. Kalau tidak bisa diajak baik-baik nanti akan kami ajukan untuk dieksekusi,ujarnya.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini, menyatakan senang gugatannya kepada pihak Maspion menang. Sesuai dengan rencananya, Risma akan membangun “alun-alun” di kawasan Balai Pemuda, Jalan Gubernur Suryo 15 (dulu Jalan Pemuda 15) yang akan tersambung dengan Jalan Pemuda 17 yang disengketakan dengan Maspion itu.

Alun-alun yang dirancang walikota perempuan pertama di Kota Surabaya itu, di samping halaman luas di kawasan Balai Pemuda dan Gedung DPRD Kota Surabaya, Jalan Yos Sudarso, juga ditambahkan dengan lahan Jalan Pemuda 17 itu. Alun-alun ini berada di atas permukaan tanah, dan sebagian berada di bawah tanah yang menyatu dengan lahan parkir bawah tanah yang sudah selesai dibangun.

Kalau sudah dinyatakan mempunyai kekuatan hukum tetap, maka Pemkot Surabaya segera melakukan lelang untuk membangun kawasan aliun-alun Kota Surabaya itu, ujar Risma. (yra)



COMMENTS

ADVERTORIAL,80,Bali,212,Berita Utama,144,Gresik,180,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,78,Nasional,152,Olahraga,10,Regional,344,Tajuk,17,Tanah Bumbu,132,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: PT.Maspion Divonis Kalah Diperintah Agar Segera Kembalikan Tanah Di Jalan Pemuda 17 kepada Pemkot Surabaya
PT.Maspion Divonis Kalah Diperintah Agar Segera Kembalikan Tanah Di Jalan Pemuda 17 kepada Pemkot Surabaya
https://4.bp.blogspot.com/-PA20XTx3WBM/XI5-cFoXHBI/AAAAAAAAUZw/1UmKdz2cxB0LwcqOWaWoZ6zl--LjUO73ACLcBGAs/s1600/testing.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-PA20XTx3WBM/XI5-cFoXHBI/AAAAAAAAUZw/1UmKdz2cxB0LwcqOWaWoZ6zl--LjUO73ACLcBGAs/s72-c/testing.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/ptmaspion-divonis-kalah-diperintah-agar.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/ptmaspion-divonis-kalah-diperintah-agar.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy