Bermula Niat Bantu Teman, Berujung di Meja Hijau

BANYUWANGI, Korandor.com – BERMULA dari hasrat membantu membayarkan hutang  Rulwati (59) warga dusun Gunungsari Desa Sumbergondo Ke...




BANYUWANGI, Korandor.com – BERMULA dari hasrat membantu membayarkan hutang  Rulwati (59) warga dusun Gunungsari Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi dan empat saudaranya dengan jaminan  5 sertifikat secara bertahap dan bernilai Rp 350 juta harus rela berhadapan dengan teman sendiri yang diduga merangkap rentenir hingga berbunga dan mencapai nilai Rp 958 juta.

Melihat gelagat tidak baik dari Galih Subowo (43) warga Dusun Gunungsari RT 03 RW O6 Desa Tegalarum Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi yang membantu membayarkan hutang dengan jaminan kelima sertifikat terkesan berbelit - belit saat hendak dibayar. Parahnya lagi, lima sertifikat itu ternyata sudah berganti nama dari pemilik lama kepada pemilik baru. Tak pelak membuat geram pemilik sertifikat lama dan langsung melakukan upaya hukum.

Proses hukum dilakukan penggugat melalui kuasa hukum karena tercium banyak kejanggalan. Diduga kuat ada sekenario dari peralihan sertifikat. Saat dikonfirmasi beberapa media, Rulwati selaku pemilik mengatakan hal itu murni membantu membayarkan hutang dengan meminta sertifikat dan dibayarkan hutangnya sebagai jaminan.

"Ya itu memang dia yang membayarkan hutang dengan meminta sertifikat tanpa ada perjanjian tertulis atau apapun sehingga saya percaya. Ternyata hutang saya disebut sudah membengkak menjadi  Rp 950 juta,” ungkap dia dengan nada kecewa.

Permasalahan hutang piutang itu kemudian dibawa ke ranah hukum. Agung Prastianto SH MH selaku kuasa hukum pun mengakuio hal itu. "Klien kami sudah mendaftarkan gugatan di Pengadilan Negeri Banyuwangi dan sebelumnya sudah melakukan sidang di Pengadilan Agama Banyuwangi yang sudah menghasilkan kesepakatan bahwa klien kami harus menyiapkan uang Rp 958 juta untuk mengambil kelima sertifikat dan dan klien kami pun sudah menyiapkan uang tersebut," tutur dia.

Lebih lanjut  Agung selaku Kuasa hukum memaparkan dugaan adanya sekenario di Pengadilan Agama Banyuwangi. "Aneh di Pengadilan Agama tersebut sidang putusan  yang  sebelum adanya kesepakan tersebut kitahanya disuruh siapkan uang Rp 45 juta dan harus terbayarkan. Sementara kesepakatan hutang piutang sebesar Rp 958 juta sudah disepakati dan siap dibayar tapi ternyata Galih masih berbelit belit," tambah dia.

Sementara kejanggalan yang nampak dari permasalahan hutang piutang yang tertuang dalam salinan putusan Kewarisan No. 3308/Pdt.G/2018/PA.BWI tanggal 06 Desember 2018 atas nama penggugat Rulwati binti Ridjan dkk dengan tergugat Sumarah binti Suyono. Dimana dalam isi salinan putusan tersebut seputar kesepakatan untuk membayar hutang yang di mediasi oleh Pengadilan Agama Banyuwangi.yang diduga ada kaitanya dalam peralihan hak dalam sertifikat yang berubah pemilik yang awalnya milik keluarga Rulwati menjadi milik Galih.

Putusan tersebut terkesan cacat hukum mengingat dalam berita acara sangat lambat. “Kita sudah ikut aturan yang disepakati bersama saat sidang di Pengadilan Agama (PA) ternyata oleh pihak saudara Galih diingkari”, kata kuasa hukum Sumarah, Agung Prastianto, SH MH.

Agung juga berencana melaporkan saudara Galih ke Polda Jawa Timur mengingat ada kejanggalan dalam proses balik nama sertifikat. Sebagai diketahui dalam waktu 10 hari saja lima sertifikat sudah berbalik nama atas nama Galih dengan waktu yang sangat cepat dalam pengurusan di BPN. Hingga berita ini diturunkan Galih tidak memberikan 5 sertifikat tersebut untuk menjalankan hasil putusan Kewarisan di Pengadilan Agama Banyuwangi. (ris/dod/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,106,Bali,266,Berita Utama,190,Gresik,225,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,103,Nasional,188,Olahraga,10,Regional,427,Tajuk,28,Tanah Bumbu,228,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Bermula Niat Bantu Teman, Berujung di Meja Hijau
Bermula Niat Bantu Teman, Berujung di Meja Hijau
https://3.bp.blogspot.com/-gYn2pBHi_rg/XMW4ioopKzI/AAAAAAAAUzA/Lmlj6J-eEikvWIFNwDgtAdziDfmFQ1lsACLcBGAs/s320/bwi%2Brulwati%2Bdan%2Bkuasa%2Bhukumnya%2B%2BAgung%2Bft%2Bbrt%2Bpertemanan%2Bberujung%2Bke%2Bmeja%2Bhijau%2B%25282%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-gYn2pBHi_rg/XMW4ioopKzI/AAAAAAAAUzA/Lmlj6J-eEikvWIFNwDgtAdziDfmFQ1lsACLcBGAs/s72-c/bwi%2Brulwati%2Bdan%2Bkuasa%2Bhukumnya%2B%2BAgung%2Bft%2Bbrt%2Bpertemanan%2Bberujung%2Bke%2Bmeja%2Bhijau%2B%25282%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/04/bermula-niat-bantu-teman-berujung-di.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/04/bermula-niat-bantu-teman-berujung-di.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy