Bupati Eka Support Pengembangan UMKM

TABANAN, Korandor.com - GUNA mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tabanan, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti ...




TABANAN, Korandor.com - GUNA mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tabanan, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mensupport dan menyarankan agar seluruh pelaku usaha UMKM di Tabanan memperhatikan kemasan dan kualitas produk, serta jangan membuat produk dari bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

Hal itu diungkapkan Bupati yang akrab disapa Eka tersebut saat mengunjungi 2 pelaku UMKM di Tabanan. Sembari melakukan perbincangan terkait kendala produk dan pemasaran. Pelaku usaha tersebut diantaranya Pelaku Usaha Dupa Wangi, di jalan Nuri BTN Surya Graha Lestari, Jambe, atas nama Ni Made Rini Wahyuni dan Pelaku Usaha Teh Beras, di Perum Palem Residence, Gubug, atas nama Ni Nyoman Suwariani, Kamis, (4/4)  pagi.

Dalam perbincangan santai tersebut, Bupati Eka menyarankan agar, selalu melakukan komunikasi dan koordinasi antara pelaku UMKM dan OPD terkait di lingkungan Prmkab Tabanan, serta bekerjasama dengan BUMDa yang dimiliki Pemkab Tabanan.

“Buat produk dan cara pengemasan yang menarik. Bekerjasama dengan BUMDa dan OPD terkait, sehingga produk yang kita miliki bisa lebih maksimal di dalam pemasarannya. Apalagi BUMDa kita, yakni PD. Dharma Shantika telah bekerjasama dengan beberapa toko berjejaring dan Toko Modern yang ada di Wilayah Sarbagita, ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Eka membaur dan tanpa ragu memperhatikan dengan cermat proses pembuatan dan pengemasan produk UMKM masing-masing.

Dijelaskannya selain melakukan kerjasama dengan BUMDa dan OPD terkait di Lingkungan Pemkab Tabanan. Bupati Eka, yang saat itu didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan AA Dalem Tresna Ngurah, Arya Wardana, I Putu Dian Setiawan dan Camat Tabanan, berpesan agar selalu giat memasarkan produk melalui media sosial sehingga pemasaran produk yang dimiliki lebih maksimal lagi. Dan produk dikatakannya harus memiliki atau dilengkapi dengan ijin sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Harus ada  ijin sehingga lebih aman dan dapat dipercaya masyarakat umum. Dan untuk lebih amannya lagi, jangan pernah memakai bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan di dalam produk yang dihasilkan,” imbuhnya.

Bupati Eka juga menambahkan agar pelaku UMKM membuat produk yang bagus, produk yang berkualitas dan jangan hanya asal produk untuk meraup keuntungan. Karena konsumen saat membeli produk mereka lihat kemasan dan lihat kualitas. Apabila kualitas terjaga maka konsumen akan datang dengan sendirinya untuk memilih produk tersebut.

“Buat produk yang bagus dan berkualitas. Hidup itu harus berguna, dan selalu bersyukur. Ibarat menabung karma, apapun pekerjaan dan usaha yang dilakukan kita harus menabung karma buat yang lainnya. Disamping itu, konsumen membeli produk karena kualitas produk terjaga bukan karena asal harga murah, jadi produk harus terjaga dan berkualitas,” sambungnya.

Saat itu, salah satu pelaku usaha UMKM, yakni Pengrajin Dupa Wangi, Ni Made Rini Wahyuni mengucapkan terimakasih kepada Ibu Bupati beserta jajarannya. Dirinya mengaku sangat bangga dan tidak menyangka dirinya bakal dikunjungi oleh orang nomer satu di Tabanan dan berkenan hadir dirumahnya.

“Ini merupakan kejutan besar buat saya untuk hari ini, bisa dikunjungi oleh Ibu Bupati. Terimakasih untuk Ibu Bupati beserta jajarannya atas support dan perhatiannya. Dan semoga support dari Ibu Bupati akan memacu semangat kami untuk lebih inovatif lagi dalam berusaha,” ucapnya.

Dirinya berharap, dengan kehadiran Bupati Eka bisa lebih mentertibkan pelaku usaha Dupa Wangi lain, khususnya yang ada di Tabanan. Dirinya menuturkan bahwa banyaknya competitor atau Pelaku usaha Dupa Wangi yang menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan dan tidak ramah lingkungan, sehingga bisa menjual dupa dengan semurah-murahnya.

“Saya berharap semoga Pemerintah Kabupaten Tabanan yang dalam hal ini diwakili Ibu Bupati, nantinya bisa lebih menseleksi dupa yang layak edar dari para pelaku usaha, baik dari bahan baku maupun essential sehingga kami bisa lebih mengembangkan inovasi kami,” harapnya. (gin)


COMMENTS

ADVERTORIAL,97,Bali,238,Berita Utama,163,Gresik,203,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,92,Nasional,169,Olahraga,10,Regional,391,Tajuk,21,Tanah Bumbu,156,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Bupati Eka Support Pengembangan UMKM
Bupati Eka Support Pengembangan UMKM
https://3.bp.blogspot.com/-XiWM2CoKSBg/XKn0DjrT6sI/AAAAAAAAUg8/YANgnViayGI2bdi03H8ueDr9fKKdNNs1wCLcBGAs/s320/bali%2Bbupati-support-ukm.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XiWM2CoKSBg/XKn0DjrT6sI/AAAAAAAAUg8/YANgnViayGI2bdi03H8ueDr9fKKdNNs1wCLcBGAs/s72-c/bali%2Bbupati-support-ukm.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/04/bupati-eka-support-pengembangan-umkm.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/04/bupati-eka-support-pengembangan-umkm.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy