GPI Gelar Demo Terkait Dugaan Kebocoran Dana Desa

BLITAR, Korandor.com - GERAKAN Pembaharuan Indonesia (GPI) menggelar aksi demo di kantor Inspektorat Pemerintah Kabupaten Blitar, d...




BLITAR, Korandor.com - GERAKAN Pembaharuan Indonesia (GPI) menggelar aksi demo di kantor Inspektorat Pemerintah Kabupaten Blitar, di jalan S Supriadi, Kamis (28/3) dengan masa kurang lebih 100 orang.

Dalam aksinya masa membawa poster yang bertuliskan, kecaman terhadap oknum-oknum pengelola dana desa. Dalam orasinya Ketua GPI Joko Prasetya meminta Polres Blitar Kota agar mempercepat proses Hukum penanganan dugaan tindak korupsi dana desa.

Pemkab Blitar harus segera membentuk formulasi perangkat pengelolaan dana desa pada sebuah pemerintahan desa yang diduga tersangkut tindak pidana korupsi. Tidak boleh ada diskriminasi masyarakat dalam menikmati pembangunan fisik maupun non fisik yang bersumber dari alokasi dana desa maupun dana desa, meskipun pejabat/perangkat desa tersandung kasus korupsi.

Joko menambahkan, bahwa dengan adanya anggaran dana desa (ADD) dan Dana Desa (DD)  sebagai program pemerintah pusat, masih saja disalahgunakan oleh oknum perangkat desa di beberapa desa di Kab Blitar.

Dana desa yang seharusnya digunakan untuk pembangunan desa berupa infrastruktur baik fisik dan non fisik, justru terdapat kebocoran bahkan diduga terdapat beberapa perangkat desa yang tidak menerima siltap.

Oleh sebab itu, aksi ini adalah mendukung pihak pengawas yakni Inspektorat dan penegak hukum dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan, agar segera menindaklanjuti terkait adanya permasalahan tersebut ," ungkapnya

Perwakilan masa aksi masuk untuk bertemu dengan pihak pemerintah kabupaten Blitar yang diwakili oleh perwakilan Bakesbanglinmas dan Inspektorat Kab Blitar Harsoyo dan Basuki Rahmat.

Dalam pertemuan tersebut pihak GPI menanyakan terkait adanya dugaan kebocoran dana desa Tuliskriyo, mengingat desa tuliskriyo sejak tahun 2015 anggaran desa nya diduga selalu bermasalah dari tahun ketahun. Ada rumor bahwa diduga SPJ ditata dengan bekerjasama dengan pihak pengawas.

Pihak Inspektorat menyatakan bahwa selama periode 2018 sudah melakukan pengawasan dan melakukan pengecekan serta pembinaan, namun hasil nya tidak kami umumkan, karena dalam pemeriksaan juga sudah melibatkan BPK dan masih dalam proses penanganan pihak Inspektorat.

Ada beberapa poin agar pemerintah desa mengembalikan anggaran yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Terkait dengan adanya rumor terkait penataan SPJ tersebut pihak Inspektorat menyanggah, bahwa tidak ada pengawas yang bekerjasama untuk menata SPJ di desa tuliskriyo. Karena Inspektorat bekerja berdasarkan aturan perundangan.

Dari hasil dialog pihak GPI mengklaim bahwa terkait permasalahan kebocoran dana desa tidak ada solusi nyata dari pihak Inspektorat Kab Blitar. Dan pihak GPI akan tetap mengawal dan suatu saat akan bergerak kembali untuk menyuarakan aspirasi masyarakat desa. (her)


COMMENTS

ADVERTORIAL,72,Bali,188,Berita Utama,123,Gresik,154,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,69,Nasional,126,Olahraga,10,Regional,305,Tajuk,13,Tanah Bumbu,112,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: GPI Gelar Demo Terkait Dugaan Kebocoran Dana Desa
GPI Gelar Demo Terkait Dugaan Kebocoran Dana Desa
https://4.bp.blogspot.com/-9Q8b7Tdw9N0/XKn4NGwUlGI/AAAAAAAAUh0/Dh4aFms3sbEfX-rkWs9AXCdzUw2Y4iCSwCLcBGAs/s320/blitar%2Bft%2Bbrt%2Bjoko%2Bdemo.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-9Q8b7Tdw9N0/XKn4NGwUlGI/AAAAAAAAUh0/Dh4aFms3sbEfX-rkWs9AXCdzUw2Y4iCSwCLcBGAs/s72-c/blitar%2Bft%2Bbrt%2Bjoko%2Bdemo.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/04/gpi-gelar-demo-terkait-dugaan-kebocoran.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/04/gpi-gelar-demo-terkait-dugaan-kebocoran.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy