Pemkot Surabaya Siap Operasikan Rumah Pembakaran Jenazah

SURABAYA, Korandor.com – AKHIRNYA Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera mengoperasikan tempat pengabuan jenazah (krematorium) ya...




SURABAYA, Korandor.com – AKHIRNYA Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera mengoperasikan tempat pengabuan jenazah (krematorium) yang terletak di Keputih, Sukolilo, Surabaya. Rumah pembakaran jenazah itu akan diresmikan pada awal bulan Mei 2019.
 Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Mohamad Iman Rahmadi mengatakan, untuk mendukung pengoperasionalan krematorium, pihaknya sedang menyelesaikan akses keluar masuk jalan ke area pengabuan. Saat ini, pihaknya masih melakukan pembenahan akses pemavingan jalan.
 "Insya Allah akhir April kalau ndak awal Mei kita segera resmikan. Kemarin pembenahan akses untuk jalan (paving)," kata Iman, Jum’at, (12/04/19).
 Sebelum dioperasikan, Pemkot Surabaya melalui DKRTH akan melakukan sosialisasi terlebih dulu ke masyarakat, melalui kelurahan dan kecamatan serta menggandeng para pengusaha jasa pemakaman.
 Sementara untuk besaran tarif, Iman menjelaskan, nantinya tarif masih akan menggunakan Perda 7 tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat. “Untuk awal nanti, sementara tarif akan menyesuaikan dengan perda yang lama,” ujarnya.
 Sementara itu, Kepala UPTD Pemakaman DKRTH Surabaya Aswin Agung menyampaikan bahwa di Krematorium Keputih saat ini terdapat tiga tungku untuk pembakaran. Selain itu, juga ada tempat pembakaran tradisional yang lokasinya berada di luar. “Saat ini juga tersedia dua fasilitas toilet, kantor untuk pegawai dan ada pula aula untuk menunggu para tamu,” kata Aswin.
 Ia menjelaskan untuk bahan bakar yang digunakan nantinya adalah solar. Namun, tidak menutup kemungkinan ke depan bisa menggunakan bahan bakar gas. Sementara untuk biaya administrasi, Aswin menyebut, paling murah sekitar Rp 800 ribu. Besaran tarif tersebut tergantung dari tebal peti jenazah. “Kalau kita study banding di Juanda Jalan Raya itu biaya paling murah sekitar Rp 3 juta,” jelasnya.
 Krematorium yang memiliki luas sekitar 1 hektar itu, rencananya ke depan juga bakal ditambah dengan fasilitas tempat persemayaman atau penyimpanan untuk jenazah. Namun, saat ini Pemkot Surabaya masih fokus menyelesaikan tahap pemavingan untuk kebutuhan fasilitas jalan menuju krematorium.
Aswin menambahkan pihaknya berpesan kepada seluruh masyarakat agar nantinya bisa memanfaatkan layanan fasilitas tersebut, dimana harganya relatif lebih murah dibanding dengan pihak swasta. “Saya harap nanti bisa dimanfaatkan khususnya untuk masyarakat Surabaya,” pesannya.
 Sebelum memanfaatkan layanan fasilitas krematorium itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar menyiapkan beberapa syarat keperluan. Diantaranya, KK (Kartu Keluarga) dan KTP (Kartu Tanda Pendudukan) orang yang meninggal, KK serta KTP ahli waris selaku pemohon. Serta surat kematian dari Rumah Sakit, dokter atau Puskesmas. “Terus surat pengantar dari RT dan RW. Sementara untuk warga yang menggunakan SKTM, menurut Perwali akan digratiskan,” pungkasnya. (*/yra)


COMMENTS

ADVERTORIAL,82,Bali,217,Berita Utama,148,Gresik,185,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,80,Nasional,157,Olahraga,10,Regional,352,Tajuk,18,Tanah Bumbu,137,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Pemkot Surabaya Siap Operasikan Rumah Pembakaran Jenazah
Pemkot Surabaya Siap Operasikan Rumah Pembakaran Jenazah
https://2.bp.blogspot.com/-un9kCLJA9zw/XLNGxSJk0_I/AAAAAAAAUsA/NYBrzd1K8pg2XsFDdPFtzxwVsGFiD1KhwCLcBGAs/s320/717yra-Foto%2BKrematorium%2BPembakaran%2BJenazah%2BSurabaya.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-un9kCLJA9zw/XLNGxSJk0_I/AAAAAAAAUsA/NYBrzd1K8pg2XsFDdPFtzxwVsGFiD1KhwCLcBGAs/s72-c/717yra-Foto%2BKrematorium%2BPembakaran%2BJenazah%2BSurabaya.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/04/pemkot-surabaya-siap-operasikan-rumah.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/04/pemkot-surabaya-siap-operasikan-rumah.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy