Proyek Jalan Produksi Tebar Aroma KKN: SPK Belum Turun, Pekerjaan Sudah Mulai

BANYUWANGI, Korandor.com – PROYEK jalan produksi untuk mendukung pertanian di Desa Kedayunan dari Dinas Pertanian Kab Banyuwangi di...




BANYUWANGI, Korandor.com – PROYEK jalan produksi untuk mendukung pertanian di Desa Kedayunan dari Dinas Pertanian Kab Banyuwangi diduga menyalahi ketentuan. Sebab, hingga kini kontruksi fisik jalan produksi mendukung perkebunan Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Banyuwangi itu belum jelas siapa pelaksana dan berapa nilai alokasi anggaran.

Makin mencengangkan lagi, di kawasan itu tidak terpasang papan nama proyek. Ya, proyek dari anggaran APBD 2019 dengan pagu Rp 198.900.000 dan nilai HPS paket Rp 188.860.323 dari Dinas Pertanian sudah dilaksanakan padahal penandatangan kontrak baru akan dilakukan 29 April mendatang. Lebih parah lagi, santer disebut-sebut yang mengerjakan proyek adalah oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Dinas Perikanan.

Saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp Sujiono dari Dinas Perikanan Banyuwangi perihal  proyek yang sudah dilaksanakan padahal  Surat Perintah Kerja (SPK) belum turun, muncul jawaban "Oh..... Kalau mau tanya soal SPK ke kantor LKHI di Genteng saja."

Ketika dikejar pertanyaan apa kaitan SPK dengan LKHI, dia justru mencoba mengalihkan pembicaraan. "Lebih baik Anda tanya ke Dinas yang berkompeten,” tambah dia terkesan ingin memutar-balikkan situasi agar wartawan lebih fokus mendapatkan keterangan dari pihak dinas. "Anda tahu itu urusan dinas, lalu mengapa Tanya kepada Silakan saja langsung ke Dinas dan temui PPTK," tambah dia melalui pesan singkat WhatsApp. Setelah  itu tidak pernah lagi mau membalas WhatsApp.

Hasil investigasi Koran DOR, jalan usaha produksi tersebut ternyata tidak menggunakan sirtu dan batu pengunci. Lebih parah lagi, sebagai penutup bukan pakai  pasir, melainkan lemah urug.

Di lokasi pengerjaan proyek Koran DOR justru menemui seorang anak muda yang masih berstatus mahasiswa diduga berperan menjadi pengawas proyek. Ternyata, didapat informasi bahwa dia adalah keponakan dari Sujiono yang ditugaskan mengawasi proyek. Saat ditanya sedang apa di lokasi proyek itu, dia menyebut hanya sebatas melihat kebenaran fakta untuk kemudian dibuat laporan. "Saya ke sini hanya melihat apa sudah sesuai antara di buku dengan di lapangan soalnya bagian dasar tidak pakai sirtu dan batu pengunci 5/7. Murni untuk bahan laporan di kampus," ujar dia anak muda itu polos.

Sementara di tempat terpisah Arief Amar Jaya selaku konsultan pengawas proyek tersebut saat dikonfirmasi terkait bagian dasar tidak menggunakan sirtu dan batu pengunci lalu di bagian atas menggunakan tanah urug mengatakan bahwa di bagian atas itu memang campura pasir dan tanah. "Memang campuran pasir dan tanah. Sebab kalau hanya pasir akan mudah terkikis oleh air saat hujan. Sedangkan kalau tanah pasti lengket," kilah dia.

Saat ditanya terkait Surat Perintah Kerja (SPK) yang belum turun namun sudah dilaksanankan konsultan mengarahkan untuk bertanya langsung ke pihak kontraktor. “Silakan Anda tanya langsung saja kontraktor biar lebih jelas,” tambah dia. (ris/dod/red/tom)



COMMENTS

ADVERTORIAL,82,Bali,217,Berita Utama,148,Gresik,185,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,80,Nasional,157,Olahraga,10,Regional,352,Tajuk,18,Tanah Bumbu,137,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Proyek Jalan Produksi Tebar Aroma KKN: SPK Belum Turun, Pekerjaan Sudah Mulai
Proyek Jalan Produksi Tebar Aroma KKN: SPK Belum Turun, Pekerjaan Sudah Mulai
https://3.bp.blogspot.com/-MBIcTlcFl0E/XLNE9vyzorI/AAAAAAAAUrY/nen9ZF8YdAMbWwSQZ2Fj5davpBzQUQQMQCLcBGAs/s320/bwi%2Bft%2Bbrt%2Bproyek%2B%25281%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-MBIcTlcFl0E/XLNE9vyzorI/AAAAAAAAUrY/nen9ZF8YdAMbWwSQZ2Fj5davpBzQUQQMQCLcBGAs/s72-c/bwi%2Bft%2Bbrt%2Bproyek%2B%25281%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/04/proyek-jalan-produksi-tebar-aroma-kkn.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/04/proyek-jalan-produksi-tebar-aroma-kkn.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy