Proyek Prestisius Jembatan Batam-Bintan Dikebut

KEPRI, Korandor.com – GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun mengatakan pembangunan yang dilakukan pemerintah tak sekedar bertujuan mengge...




KEPRI, Korandor.com – GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun mengatakan pembangunan yang dilakukan pemerintah tak sekedar bertujuan menggerakkan ekonomi. Namun juga menyangkut sebuah martabat. Terbukti pembangunan Jembatan Batam-Bintan nyata-nyata makin menunjukkan martabat bangsa di kawasan sekitar.

 “Presiden Jokowi sering mengingatkan pembangunan bukan hanya tujuan ekonomi tapi ni juga martabat. Sebagai negara besar, kita harus punya martabat. Apalagi Kepri berada di perbatasan dan bertetangga dengan banyak negara. Kita bersyukur pembangunan Jembatan Batam-Bintan sudah dilontarkan di depan umum,” kata Nurdin usai melaksanakan Safari Subuh di Masjid Al Ikhlas, Perumahan Bandar Srimas, Sei Panas, Batam, Minggu (7/4).

Menurut Nurdin, pihaknya akan terus mendorong percepatan pembangunan di semua lini. Termasuk proyek presitisius Jembatan Batam-Bintan yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kepri dan bahkan Indonesia. “Terkesan kita tidak lagi kalah disbanding negara lain yang sukses membangun jembatan yang hebat-hebat dan sekaligus menjadi kebanggaan.”

Dalam sepekan terakhir Nurdin cukup sibuk mendampingi Presiden Jokowi maupun  Wakil Presiden HM Jusuf Kalla yang melakukan berbagai kegiatan di daerah ini. Pada kesempatan itu Presiden kerap menyampaikan progres pembangunan Kepri berikut sejumlah keinginan warga masyarakat untuk tujuan kemajuan.

Sebut saja kedatangan Wapres JK awal pekan lalu seolah mempertegas bahwa dualisme kewenangan di Batam akan segera diselesaikan. Demikian juga dengan biaya pengiriman barang dari Batam yang berkurang terutama dari Pelabuhan Batu Ampar. “Ini boleh jadi bagian dari reformasi birokrasi yakni mempermudah layanan untuk investasi maupun masyarakat luas,”  tutur Nurdin di Masjid Hidayatul Ulum, Sagulung.

Pada kesempatan itu Nurdin berbagi sedikit kisah tentang kebersamaannya dengan Jokowi. Ada beberapa perbincangan yang menurut Nurdin sebuah bentuk kepedulian Jokowi terhadap Kepri. Tak jarang masalah jembatan dan kampung tua di daerah ini dibahas secara detail.

Dalam perjalanan, tiba-tiba saja Jokowi menelepon Menteri Agraria Tata Ruang dan Kepala BPN Sofyan Djalil.  Dalam perbincangan terlintas harapan akan segera menyelesaikan kampung tua di Batam. Dari seberang terdengar Menteri menjanjikan dalam satu bulan akan tuntas. Namun, Jokowi memberi toleransi dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa sekitar tiga bulan ke depan akan sudah terwujud.

Dalam perjalanan itu Nurdin dapat melihat dengan jelas keikhlasan dan kerendahan hati seorang Jokowi. Termasuk saat menyambut salam dari masyarakat Kepri ketika dia melewati berbagai kawaan. Perbincangan lain adalah ketika Jokowi menyebut dalam setahun terakhir dia melihat cukup banyak perubahan terjadi di Batam. Lalu, Nurdin langsung menimpali bahwa jalan menuju pusat kota (Nagoya dan Batamcentre) benar-benar sudah makin bagus.

Disebutkan, khusus untuk Jembatan Batam-Bintan, tim dari Jakarta akan segera datang ke Kepri. Sebelumnya, Pemprov Kepri sudah menyerahkan DED Jembatan Batam-Bintan ke Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimoelyono.

Sekdaprov H TS Arif Fadillah mengatakan, tim Bappenas dan Kementerian PU segera ke Kepri untuk mengkoordinasikan pembangunan jembatan. Komunikasi untuk itu juga sudah terjalin. “Pembangunan jembatan Batam Bintan ini pun sudah masuk RPJM Nasional,” kata Arif, usai Safari Subuh di Masjid Al Ikhlas.

Presiden Jokowi dalam statusnya di facebook pun  kembali mempertegas tentang pembangunan Jembatan Batam-Bintan berikut penyelesaian kampung tua di Batam. Dalam postingan baru-baru ini Jokowiantara lain  menulis bahwa Kota Batam di Kepulauan Riau  adalah salah satu etalase Indonesia. Sebuah kawasan yang dapat beradu pandang dengan Singapura di seberang selat.

Tidak salah kiranya, tulis Jokowi, rakyat di sana berharap banyak agar daerahnya lebih maju. Mereka meminta pemerintah membangun jembatan dari Batam ke Pulau Bintan. Di pulau ini terletak Kota Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Riau.

“Selain itu, saya menerima permintaan dari penduduk Kampung Tua, kampung yang sudah ada sebelum Pulau Batam menjadi kawasan otorita, agar tanah tempat mereka bermukim mendapatkan sertifikat dari pemerintah. Jika tak ada aral melintang, dalam beberapa bulan ini sertifikat tanah-tanah di kampung tua akan kita selesaikan,” tulis Jokowi. (hl/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,82,Bali,217,Berita Utama,148,Gresik,185,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,80,Nasional,157,Olahraga,10,Regional,352,Tajuk,18,Tanah Bumbu,137,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Proyek Prestisius Jembatan Batam-Bintan Dikebut
Proyek Prestisius Jembatan Batam-Bintan Dikebut
https://3.bp.blogspot.com/-9NmPOHCd7NU/XLM9w83nHpI/AAAAAAAAUpM/sqdJdn-3TbM-0uX_xdzyYSS4R5tfMbyXwCLcBGAs/s320/riau%2BPembangunan%2BJembatan%2BBatam%2BBintan%2BDigesa.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-9NmPOHCd7NU/XLM9w83nHpI/AAAAAAAAUpM/sqdJdn-3TbM-0uX_xdzyYSS4R5tfMbyXwCLcBGAs/s72-c/riau%2BPembangunan%2BJembatan%2BBatam%2BBintan%2BDigesa.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/04/proyek-prestisius-jembatan-batam-bintan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/04/proyek-prestisius-jembatan-batam-bintan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy