Sekda Wisnu Wijaya, Buka Pameran Produk Unggulan UMKM Gianyar

GIANYAR, Korandor.com - SALAHSATU stand yang cukup menarik perhatian pengunjung dalam pameran produk unggulan UMKM pertanian dan bo...




GIANYAR, Korandor.com - SALAHSATU stand yang cukup menarik perhatian pengunjung dalam pameran produk unggulan UMKM pertanian dan bonsai dalam rangka HUT ke 248 Kota Gianyar, di lapangan Astina Gianyar adalah pameran ikan koi. Tak heran, karena pameran yang dibuka oleh Sekdakab Gianyar I Made Wisnu Wijaya, Selasa (23/4) banyak menampilkan berbagai jenis ikan koi dengan kualifikasi unggulan di kelasnya masing-masing.

Meski baru pertama kali diikutsertakan dalam pameran HUT Kota Gianyar, ikan koi diikuti oleh para penggemar koi seluruh Bali dengan kualifikasi klas A seperti kohaku, shanke, showa. Klas B seperti shiro utsoru, koromo ghosiki dan klas C Hi KL utsori mono. 

Seperti dijelaskan ketua panitia pameran Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, Ir Wayan Suamba MT sama seperti pameran tahun-tahun sebelumnya yang bertujuan untuk mempromosikan aneka produk unggulan daerah kepada masyarakat konsumen potensial, guna meningkatkan volume dan nilai pemasaran serta memperluas jaringan pemasaran untuk meningkatkan perdagangan. Namun akan selalu ada penambahan- penambahan potensi baru di setiap pameran sesuai dengan trend di masyarakat, seperti penggemar ikan koi salah satunya.

Untuk pameran kali ini kata Suamba, selain pameran ikan koi juga ada kontes sapi sehat dengan peserta dari tujuh kecamatan dimana masing-masing mengirim 2 ekor sapi.

“Bagi para penggemar ikan koi, untuk kontesnya nanti akan diadakan pada tanggal 28 April nanti,” jelas Wayan Suamba.

Selain kedua jenis pameran tadi, kali ini juga menampilkan peserta pameran UMKM yang terdiri dari 51 pengerajin dengan produk unggulan kerajinan Gianyar binaan Dekranasda Kabupaten Gianyar, dan 13 dari lembaga pemerintah, BUMN maupun swasta dengan jenis pameran seperti perhiasan perak, tenun, busana, lukisan, alat upakara, produk spa dan berbagai jenis handycraft lainnya.

Sedangkan untuk pertanian jelas Suamba, diikuti oleh BPP se-Kabupaten Gianyar, anggota Aspartan dan para pedagang tanaman. Untuk tanaman bonsai diikuti oleh sekitar 470 peserta dengan kualifikasi kelas bintang 13 peserta, kelas utama 20 peserta, kelas madya 38 peserta, kelas regional 172 peserta dan kelas prospek 225 peserta. Pameran bonsai berasal dari kabupaten/ kota se-Bali, Bima, Mataram, Banyuwangi, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, pamekasan, Sumenep, Kediri, Jepara dan Bandung.

Selain pameran kerajinan dan produk lokal, OPD pelayanan publik dan pihak swasta juga ikut berpartisipasi, seperti Inspektorat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Pendidikan, Dinas PMD/PKK, Dinas Kesehatan/PMI, Disnakertrans, Penggadaian dan Telkomsel.

Sementara itu Sekdakab Gianyar Made Wisnu Wijaya saat membuka pameran produk unggulan UMKM Gianyar ini mengatakan, pameran ini merupakan salah satu upaya Pemkab Gianyar memfasilitasi para perajin untuk promosi dan sarana transaksi perdagangan. Disamping juga menciptakan wahana interaksi bisnis bagi perajin, pembeli dan penyedia.

Selain itu terdapat hal yang menarik pada stand-stand pameran, dimana nama stand HUT Ke-248 Kabupaten Gianyar nama atau judul stand dibuat dengan aksara Bali. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan seni sastra dan aksara Bali disamping seni budaya lainnya.

“Pameran ini merupakan salah satu upaya dari Pemkab Gianyar untuk membantu pengerajin untuk promosi produk-produk unggulan mereka, dan untuk masyarakat manfaatkan kesempatan ini selain untuk berbelanja juga dapat memanfaatkan berbagai jenis layanan pemerintah, karena beberapa OPD pelayanan publik juga ikut membuka stand di pameran ini,” ujar Wisnu Wijaya.

Ditambahkan, Wisnu Wijaya, selama satu minggu (23 April- 1 Mei) masyarakat dapat mengunjungi pameran di Lapangan Astina. Disamping juga dapat menikmati berbagai macam pentas seni dan budaya seperti bleganjur, gong kebyar dan lain-lainnya yang dipentaskan untuk mengisi kemeriahan HUT ke 248 Kota Gianyar.

Seusai membuka pameran yang ditandai dengan pengguntingan untaian bunga, Sekda Made Wisnu Wijaya didampingi sejumlah OPD terkait berkesempatan berkeliling mengunjungi sejumlah stand yang ikut pameran. Setelah itu lanjut membuka lomba Baleganjur yang akan memperebutkan piala bergilir Bupati Gianyar. (na)


COMMENTS

ADVERTORIAL,107,Bali,271,Berita Utama,196,Gresik,229,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,106,Nasional,191,Olahraga,10,Regional,438,Tajuk,29,Tanah Bumbu,233,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Sekda Wisnu Wijaya, Buka Pameran Produk Unggulan UMKM Gianyar
Sekda Wisnu Wijaya, Buka Pameran Produk Unggulan UMKM Gianyar
https://2.bp.blogspot.com/-yAwl1AfGucY/XMW3hhz7sII/AAAAAAAAUyo/EyA2LdwEqe45rm8-1hhVbhDKxq_4a7l4wCLcBGAs/s320/bali%2Bft%2Bbrt%2Bsekda%2Bbuka%2Bpameran.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-yAwl1AfGucY/XMW3hhz7sII/AAAAAAAAUyo/EyA2LdwEqe45rm8-1hhVbhDKxq_4a7l4wCLcBGAs/s72-c/bali%2Bft%2Bbrt%2Bsekda%2Bbuka%2Bpameran.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/04/sekda-wisnu-wijaya-buka-pameran-produk.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/04/sekda-wisnu-wijaya-buka-pameran-produk.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy