Tajuk DOR edisi 15-21 April 2019.

Memantau Pemilu Serentak Hari Kamis - 17 April 2019 TAHUN  2019, disebut sebagai “Tahun Politik”. Puncaknya terjadi hari Kam...





Memantau Pemilu Serentak
Hari Kamis - 17 April 2019


TAHUN 2019, disebut sebagai “Tahun Politik”. Puncaknya terjadi hari Kamis 17 April 2019. Saat itu rakyat Indonesia menyelenggarakan “pesta demokrasi”. Pemilihan Umum (Pemilu) yang luar biasa. Indonesia membuat sejarah baru. Berbeda dengan Pemilu-pemilu sebelumnya, Dulu, ada perbedaan waktu pelaksanaan antara Pemilu Legislatif (Pileg) dengan Pemilu Presiden (Pilpres).

Pileg – adalah Pemilu untuk memilih Calon Legislatif – yakni Calon anggota parlemen atau Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mulai dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten atau Kota, DPRD Provinsi dan DPR Pusat atau DPR RI (Republik Indonesia), serta DPD (Dewa Perwakilan Daerah). Sedangan Pilpres, yang biasanya dilaksanakan setelah hasil perhitungan suara DPR, tetapi tahun 2019 ini dilaksanakan bersamaan. Sehingga, kegiatan kampanye calon anggota legislatif dari partai-partai peserta Pemilu, juga bersamaan dengan kampanye Calon Presiden/Wakil Presiden.

Kita sudah merasakan hiruk pikuk adanya kegiatan politik pada tahun 2018 dan 2019. Gaung penyelenggaraan “pesta demokrasi” sudah terasa. Terutama bagi mereka yang mengikuti siaran dan pemberitaan mediamassa, serta disemarakkan pula oleh mediasosial (medsos).

Perkembangan teknologi informasi yang meningkat, mengakibatkan makin beragamnya piranti yang digunakan untuk aktivitas mediamassa dan medsos itu. Para awak media yang disebut wartawan, benar-benar dipacu untuk berlomba mengejar tingkat “Aktualitas, Akurasi dan Autentikasi” (AAA) dari materi pemberitaan. Bahkan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari berita bohong alias “hoax”.

Medsos yang menyebarluas informasi dengan cepat (viral), harus diuji kebenaran, keakuratan dan keautentikannya. Mediamassa sebagai  penyebar berita dan informasi yang bertanggungjawab, wajib melaksanakan kode etik jurnalistik, di antaranya benar-benar melakukan cek dan ricek (check and re check).

Mediamassa menjadi salah satu sarana komunikasi yang paling handal bagi pelaku politik di era “pesta demokrasi” ini. Tidak hanya dijadikan tempat pencitraan diri bagi caleg dan partai politik (Parpol), tetapi juga pasangan capres dan cawapres. Moda tradisional melalui panggung tatap muka untuk pencitraan diri, mulai ditinggalkan. Media luar ruang, internet melalui dunia maya, media siber atau online dan sarana multimedia menjadi tempat alih kampanye, bagi para caleg, partai dan capres.

Selama dua tahun lebih sejak 2017, ada 20 Partai Politik (Parpol) yang disahkan KPU (Komisi Pemilihan Umum) utuk menyalurkan keiginan rakyat untuk menjadi anggota legislatif. Dari 20 Parpol itu, empat di antaranya ada tambahan Parpol Lokal di Provinsi Daerah Istimewa (DI) Aceh Darussalam. Sedangkan yang 16 Parpol berlaku untuk seluruh provinsi di Indonesia. Lain halnya dengan DPD (Dewan Pewakilan Daerah), setelah para calon disaring, jumlah yang akan menduduki bangku parlemen di tingkat pusat, masing-masing empat orang tiap provinsi.

Pada Pemilu serentak ini, untuk Pilpres, hanya ada dua pasangan calon. Pasangan Nomor 01, petahana Joko Widodo berpasangan dengan Ma’ruf Amin dan pasangan Nomor 02, Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Salahudin Uno.

KPU bersama Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) merupakan dua lembaga yang saat ini sedang diuji kemampuan dan kedigdayaannya.

Kita tahu, KPU dan Bawaslu sudah melaksanakan berbagai fungsinya sesuai dengan tahapan Pemilu. Mulai dari Verifikasi partai politik pada 1 Oktober 2017 berlanjut ke penetapan parpol peserta pemilu akan dilaksanakan pada 1 Maret 2018. Sesudah itu, pengajuan bakal caleg DPR, DPD, dan DPRD pada Mei 2018. Nah, karena Pemilu ini bersamaan atau serentank dengan Pilpres, maka bulan Agustus 2018 dilaksanakan pengajuan bakal calon presiden dan wapres. Berikutnya, penetapan DCS DPR, DPD, dan DPRD. Proses lain, penetapan calon presiden dan wapres serta Daftar Calon Tetap (DCT) pada September 2018

Suatu hal yang cukup unik, adalah masa kampanye yang cukup panjang. Tetapi, kelihatannya tidak efektif dan kurang dimanfaatkan oleh para Caleg. Masa kampanye berlangsung mulai 13 Oktober 2018 dan berakhir 13 April 2019.  Ada hari “tenang” selama tiga hari, hingga saat pencoblosan pada tanggal 17 April 2019.

Dari hasil Pemilu itu, pelantikan DPRD kab/kota dan provinsi, dilangsungkan pada Agustus sampai September 2019,  pelantikan DPR dan DPD pada 1 Oktober 2019, serta puncaknya, pelantikan presiden dan wapres pada 20 Oktober 2019.

Dalam minggu ini, kita akan melihat perkembangan dan proses demokrasi atas hasil Pemilu yang menjaring aspirasi rakyat dalam memilih wakil-wakilnya di lembaga legislative, serta yang juga menarik adalah siapa yang bakal menang di antara pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan pasangan Prabowo Sandiaga Uno.

Kita benar-benar mengharapkan situasi aman dan kondusif. Dengan harapan itu, tentu dalam waktu tidak lama, kita juga akan mengetahui secara pasti para wakil rakyat yang bakal duduk di DPRD Kabupaten dan Kota, serta Provinsi. Begitu pula yang menjadi anggota DPR  dan DPD di gedung DPR-MPR Senayan Jakarta untuk masabakti 2019-2024. (yousri)



COMMENTS

ADVERTORIAL,107,Bali,271,Berita Utama,196,Gresik,229,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,106,Nasional,191,Olahraga,10,Regional,438,Tajuk,29,Tanah Bumbu,233,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Tajuk DOR edisi 15-21 April 2019.
Tajuk DOR edisi 15-21 April 2019.
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/04/tajuk-dor-edisi-15-21-april-2019.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/04/tajuk-dor-edisi-15-21-april-2019.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy