Tingkatkan Ketahanan Pangan Bupati Gianyar Mahayastra Launching Puspa Aman

GIANYAR, Korandor.com - Untuk mempercepat penganeragaman pangan di masyarakat, sekaligus juga sebagai upaya peningkatan gizi keluar...




GIANYAR, Korandor.com - Untuk mempercepat penganeragaman pangan di masyarakat, sekaligus juga sebagai upaya peningkatan gizi keluarga, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Gianyar, berinovasi lewat program Pusat Pangan Alami Mandiri Asri dan Nyaman (Puspa Aman).

Puspa Aman ini sendiri adalah bagaimana pemerintah berupaya mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah ataupun lahan yang tidak produktif untuk dikembangkan sebagai penghasil pangan dalam memperbaiki gizi keluarga, sekaligus juga bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan.

Launching program Puspa Aman di Kabupaten Gianyar dilakukan  di Desa Taro Kecamatan Tegallalang, dimana secara simbolis Bupati Gianyar Made Mahayastra menyerahkan bantuan bibit tanaman buah-buahan dan benih lele kepada Kelompok Wanita Tani, dan 1 set regulasi Puspa Aman kepada Perbekel Desa Taro, di Wantilan Tempek Delod Sema Br. Taro Kelod, Desa Taro Kecamatan Tegallalang Gianyar, Kamis (4/4).

Program Puspa Aman yang bernafaskan Hatinya PKK dan Kawasan Ramah Pangan Lestari (KRPL) di Kabupaten Gianyar ada 41 KRPL, dan untuk tahun 2019 ini KRPL Kelompok Dwi Tunggal Putri Br Taro Kelod Desa Taro menjadi duta Provinsi Bali ke tingkat nasional. Hal inilah yang ditegaskan Bupati Gianyar Made Mahayastra. Pemerintah hanya motor penggerak masyarakatlah yang harus berpartisipasi aktif.

Masalah pangan masyarakat harus lebih cerdas, apalagi rumah- rumah di daerah pedesaan yang kebanyakan memiliki teba (halaman belakang). Lahan produktif inilah yang harus dimanfaatkan dengan menanam beraneka ragam tanaman mulai dari sayur, buah buahan dan berbagai tanaman lainnya. Selain itu, Bupati Mahayastra juga berharap masyarakat mau membuat kolam lele di rumah. Tidak perlu besar, secukupnya sesuai besarnya lahan di rumah.

“Jika semuanya sudah tercukupi dirumah, otomatis akan mengurangi pengeluaran sehari-hari. Selain itu kita juga bisa menyajikan makanan yang sehat untuk keluarga, karena semua yang disajikan kita tahu kebersihannya,” ujar Bupati Mahayastra.

Selain itu, Bupati Mahayastra juga salut dengan DKPKP Kab Gianyar dengan program inovasi Puspa Amannya. Program–program seperti inilah yang dibutuhkan, tidak perlu dana yang besar namun menyentuh langsung manfaatnya di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas DKPKP Kab. Gianyar Ir Dewi Hariani memaparkan, tujuan dari program Puspa Aman adalah memberdayakan rumah tangga dan masyarakat dalam penyediaan sumber pangan dan gizi melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan lahan sekitar tempat tinggal. Selain juga meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergisi seimbang dan aman (B2SA). Lewat Puspa Aman dapat meningkatkan konsumsi sayuran, buah protein nabati dan hewani di masyarakat.

Launching Puspa Aman juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gianyar AA Gede Mayun, Sekdakab Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua TP PKK kab Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra, Kepala OPD Pemkab Gianyar dan beberapa tokoh Mayarakat. (na)



COMMENTS

ADVERTORIAL,97,Bali,238,Berita Utama,163,Gresik,203,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,92,Nasional,169,Olahraga,10,Regional,391,Tajuk,21,Tanah Bumbu,156,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Tingkatkan Ketahanan Pangan Bupati Gianyar Mahayastra Launching Puspa Aman
Tingkatkan Ketahanan Pangan Bupati Gianyar Mahayastra Launching Puspa Aman
https://4.bp.blogspot.com/-fXvO1vPyBAw/XKn3jVGkQ2I/AAAAAAAAUhg/T9VH1oYGdkINIsED8NuJQexHsP6O_2oswCLcBGAs/s320/bali%2Bft%2BBERITA%2BUTAMA.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-fXvO1vPyBAw/XKn3jVGkQ2I/AAAAAAAAUhg/T9VH1oYGdkINIsED8NuJQexHsP6O_2oswCLcBGAs/s72-c/bali%2Bft%2BBERITA%2BUTAMA.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/04/tingkatkan-ketahanan-pangan-bupati.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/04/tingkatkan-ketahanan-pangan-bupati.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy