Amar Putusan Diduga Cacat Hukum: Warga Concrong Siap Hadang Eksekusi

BANYUWANGI, Korandor.com – SEJUMLAH warga Dusun Concrong, Desa/Kecamatan Rogojampi, Kab Banyuwangi sejak Minggu lalu (28/4) memasang...




BANYUWANGI, Korandor.com – SEJUMLAH warga Dusun Concrong, Desa/Kecamatan Rogojampi, Kab Banyuwangi sejak Minggu lalu (28/4) memasang spanduk pemberitahuan bahwa tanah tempat rumah mereka dibangun itu sudah ada sertifikat, Terkesan, siap memberi perlawanan.

Puluhan warga yang tinggal Dusun Krajan Rt 03 RW 01, Desa/Kecamatan Rogojampi beberapa hari terakhir resah. Hal itu menyusul ada surat pemberitahuan ditujukan kepada para warga perihal pengosongan rumah sebab akan dilakukan penggusuran.

Mahendra Saputra (37), salah seorang warga setempat mengaku pihaknya mendapat informasi periihal rencana eksekusi penggusuran melalui seseorang mengaku intel dari institusi kepolisian. Pada surat yang diterima pada Kamis (25/4) lalu itu warga perumahan yang berjumlah 35 Kepala Keluarga (KK) diminta untuk keluar dan mengosongkan rumah lantaran tanah yang di tempati itu akan dieksekusi.

Mendapat surat tersebut, warga kemudian mencoba konfirmasi kepada pihak pengembang perumahan tentang kebenaran rencana eksekusi tersebut. Ternyata, oleh pihak pengembang perumahan merespon hal tersebut tidak benar dan jika seandainya pun hal itu  benar maka bukan masalah bagi 35 rumah sebab masing-masing telah resmi bersertifikat.

Mahendra mengaku jika dia membeli tanah di lokasi perumahan tersebut seharga Rp.200 juta dan dibangun dengan menghabiskan biaya sekitar Rp 2 miliar.  “Saya kaget dapat surat pemberitahuan pengosongan. Padahal ketika saya beli sudah ada sertifikat. Tahu-tahu kok diminta dikosongkan,” kata dia dengan nada heran.

Tidak hanya Mahendra yang mengaku heran dengan beredarnya surat pemberitahuan pengosongan tersebut. Ketua Rt 03 Rw 01, Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Rogojampi, Suworo juga heran. Dia yang sudah menempati rumah yang dibelinya dan telah bersertifikat hak milik yang dikeluarkan oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi itu mendadak diminta dikosongkan. “Tanah ini sudah kami beli,. Manakala ada tindakan eksekusi maka kami pun akan siap mempertahankan hingga titik darah penghabisan,” tandas dia.

Sebagai bentuk pemberitahuan sekaligus perlawanan, warga kompak memasang spanduk papan bertuliskan rumah ini sudah bersertifikat di depan rumah masing-masing. Atas kejadian itu, warga pun sangat heran karena warga yang masing-masing telah mengantongi sertifikat hak milik resmi dari BPN tahu-tahu diminta dikosongkan. “Semua warga membeli secara sah. Kok tiba-tiba mau digusur, ada apa ini,” tanya Suworo.

Warga menduga eksekusi yang akan dilakukan oleh juru Sita Pengadilan Negeri Banyuwangi salah objek. Pasalnya, dari lokasi yang akan dilakukan eksekusi adalah persil 97. Sementara lokasi yang kini ditempati warga untuk perumahan adalah persil 98. “Kami mohon rencana eksekusi ditinjau ulang dulu sebelum terjadi pertumpahan darah,” tambah Suworo.

Patut diduga putusan Pengadilan Negeri Banyuwangi dalam proses eksekusi dinilai cacat hukum mengingat dalam putusan tersebut obyek yang menjadi sengketa adalah persil 97 dengan luasan 3400 m² sementara obyek yang di tempati warga adalah persil 98 yang mana rumah warga yang berada di persil 98 tersebut sudah bersertifikat.

Apalagi dengan munculnya pemberitahuan untuk mengosongkan bangunan membuat warga Dusun Krajan RT 03 RW 01 Desa Rogojampi menjadi resah mengingat sertifikat yang mereka miliki adalah sah secara hukum dan hal itu membuat warga makin berani mempertahankan apa yang menjadi haknya.

Sebagai bentuk pemberitahuan sekaligus perlawanan, warga kompak memasang spanduk papan bertuliskan rumah ini sudah bersertifikat di depan rumah masing-masing. Atas kejadian itu, warga tentu sangat heran sebab warga yang masing-masing telah mengantongi sertifikat hak milik resmi dari BPN tahu-tahu diminta untuk mengosongkan rumah.

Sementara itu kejanggalan ltampak mencolok dari materi gugatan persil 97 dengan luasan 3450 m² sementara dalam putusan  mengabulkan persil 97 dengan luasan 6350 m². (ris/dod/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,80,Bali,212,Berita Utama,144,Gresik,180,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,78,Nasional,152,Olahraga,10,Regional,344,Tajuk,17,Tanah Bumbu,132,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Amar Putusan Diduga Cacat Hukum: Warga Concrong Siap Hadang Eksekusi
Amar Putusan Diduga Cacat Hukum: Warga Concrong Siap Hadang Eksekusi
https://2.bp.blogspot.com/-CSJz75MS_WQ/XM7bfqXdW-I/AAAAAAAAU5k/ZwvWutdAhOACgyjjW2cXokdGfuaJqT7XwCLcBGAs/s320/bwi%2Bft%2Bbrt%2Bwarga%2Bdusun%2Bconcrong%2B%25282%2529.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-CSJz75MS_WQ/XM7bfqXdW-I/AAAAAAAAU5k/ZwvWutdAhOACgyjjW2cXokdGfuaJqT7XwCLcBGAs/s72-c/bwi%2Bft%2Bbrt%2Bwarga%2Bdusun%2Bconcrong%2B%25282%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/05/amar-putusan-diduga-cacat-hukum-warga.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/05/amar-putusan-diduga-cacat-hukum-warga.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy