Cegah Stunting, Kementerian Kominfo Lakukan GenBest di Gianyar

GIANYAR, Korandor.com - PENGETAHUAN cukup pada remaja dan orang tua mengenai stunting atau kerdil menjadi kunci keberhasilan kampanye...



GIANYAR, Korandor.com - PENGETAHUAN cukup pada remaja dan orang tua mengenai stunting atau kerdil menjadi kunci keberhasilan kampanye penurunan prevalensi stunting. Kepedulian keluarga dan komunitas sangat penting karena hal tersebut menjadi sumber referensi perilaku kesehatan seseorang.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, selaku koordinator kampanye nasional penurunan prevalensi stunting, menyelenggarakan Forum Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (GenBest) di beberapa Kabupaten/ Kota prioritas penanganan stunting di Indonesia. Di Kabupaten Gianyar sosialisasi GenBest diadakan di Hotel  Gianyar, Selasa (21/5).

GenBest sendiri merupakan inisiasi Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat serta bebas stunting. GenBest mendorong masyarakat, khususnya generasi muda agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Pencegahan stunting sangatlah bergantung pada peran aktif keluarga dan komunitas untuk mengubah perilaku dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat di lingkungannya. Untuk itu, Kominfo terus berkomitmen bahwa penyediaan informasi terkait isu stunting ini haruslah mudah diakses dan dipahami masyarakat, salah satuya melalui forum GenBest ini,” ujar Kepala Sub Direktorat Informasi dan Komunikasi Kesehatan, Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan kebudayaan, Marrolli J Indarto, kala membuka Forum GenBest di Gianyar.

Berdasarkan data di Kementerian Kominfo, Kabupaten Gianyar merupakan salah satu dari 160 kabupaten/ kota prioritas stunting tahun 2018-2019. Sosialisasi menargetkan remaja putri termasuk dari sepuluh desa prioritas yaitu Desa Lebih, Siangan, Sanding, Manukaya, Lodtunduh, Singakerta, Kedisan, Pupuan, Taro dan Desa Bresela.

Marrolli juga memaparkan informasi seputar stunting, kesehatan, nutrisi, tumbuh kembang anak juga disebarkan dalam bentuk artikel, infografik, serta videografik melalui situs genbest.id dan media sosial @genbestid dan @infokompmk. Selain itu, aplikasi android “anak sehat” juga sudah bisa diunduh dan digunakan sebagai alat pantau digital pada tumbuh kembang anak.

Marrolli J Indarto juga menambahkan, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah bekerja keras menurunkan tingkat prevalensi stunting, dari 37,2% (Riskedas 2013) menjadi 30,8% (Riskedas 2018). Meski turun signifikan angka tersebut masih tinggi karena tiga dari sepuluh balita di Indonesia masih mengalami stunting. Namun, pemerintah optimis angkanya semakin turun karena ragam kebijakan intervensi penanggulangan stunting. Secara definisi, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) yaitu sejak janin hingga anak berusia 24 bulan. Pemerintah melakukan intervensi dalam dua skema. Pertama, intervensi spesifik atau gizi dengan melakukan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan anak, suplementasi gizi, pemberian tablet tambah darah serta konsultasi. Kedua, intervensi sensitif atau non gizi seperti penyediaan sanitasi dan air bersih, lumbung pangan, alokasi dana desa, edukasi serta sosialisasi.

“Program pemerintah untuk menurunkan stunting meliputi berbagai aspek yaitu kesehatan maupun non kesehatan. Anggaran yang dialokasikan juga besar untuk menanggulangi isu ini. Namun, ragam program tidak akan berdampak banyak bila tidak disertai pola pikir sehat. Untuk itu harus ada perubahan perilaku dari masyarakat,” jelas Marrolli lagi.

Ditambahkan, sosialisasi stunting penting untuk mencegah munculnya SDM yang tidak kompeten ketika menghadapi bonus demografi tahun 2030. Tahun itu diperkirakan 68% penyangga ekonomi Indonesia adalah usia produktif yang lahir saat ini. Pemerintah juga tidak ingin mundur sebelum pertandingan global karena kalah kompetisi akibat stunting.

Inpres Nomor 9 tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik mengamanatkan Kominfo untuk mengkoordinasikan isu sektor menjadi narasi tunggal untuk disampaikan ke masyarakat. Kominfo berharap isu stunting dapat menjadi isu yang dikerjakan bersama. Masyarakat juga diharapkan dapat melakukan 3 P (peduli, pahami dan partisipasi) untuk membantu mengurangi stunting.

Sementara itu, sambutan Bupati Gianyar yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Gianyar, I Wayan Sudamia mengatakan penanganan stunting agar dilakukan secara menyeluruh tidak hanya fokus pada sisi kesehatannya saja, tetapi juga menyangkut faktor lain yang turut mempengaruhi terjadinya stunting, seperti faktor lingkungan dan sanitasi.

Wayan Sudamia juga mengajak seluruh stakeholder dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten Gianyar, agar menyatukan gerak langkah dalam menyusun dan melaksanakan program pencegahan dan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Gianyar. (na)


COMMENTS

ADVERTORIAL,80,Bali,212,Berita Utama,144,Gresik,180,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,78,Nasional,152,Olahraga,10,Regional,344,Tajuk,17,Tanah Bumbu,132,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Cegah Stunting, Kementerian Kominfo Lakukan GenBest di Gianyar
Cegah Stunting, Kementerian Kominfo Lakukan GenBest di Gianyar
https://1.bp.blogspot.com/-6ozfG3fbKVo/XOqItzx_SFI/AAAAAAAAVHM/gl3FXo_EUyA51lhBWaMj1HM9IW6en9d1wCLcBGAs/s320/bali%2Bft%2Bbrt%2Bcegah%2Bstunting%2Bgenbest.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6ozfG3fbKVo/XOqItzx_SFI/AAAAAAAAVHM/gl3FXo_EUyA51lhBWaMj1HM9IW6en9d1wCLcBGAs/s72-c/bali%2Bft%2Bbrt%2Bcegah%2Bstunting%2Bgenbest.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/05/cegah-stunting-kementerian-kominfo.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/05/cegah-stunting-kementerian-kominfo.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy