Dinas Pariwisata Kepri Gelar Festival Barongsai

KARIMUN, Korandor.com – FESTIVAL Barongsai Tahun 2019 diselenggarakan di Panggung Puteri Kemuning Coastal Area Karimun, Kabupaten K...




KARIMUN, Korandor.com – FESTIVAL Barongsai Tahun 2019 diselenggarakan di Panggung Puteri Kemuning Coastal Area Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Jum'at (26/4). Diikuti sebanyak 14 grup barongsai dari dalam dan luar negeri antara lain Singapura dan Malaysia. Tim lokal berasal dari Karimun, Batam, Bintan dan Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar, mengatakan pelaksanaan even kali ini sangat membantu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara di samping bertujuan melestarikan keberadaan budaya di Kabupaten Karimun.

Lompatan besar terkesan dilakukan Festival Barongsai Karimun menyusul akan dinaikkan statusnya sebagai event dunia di tahun 2020. Festival ini akan diupayakan masuk Top 100 Calendar of Event (CoE). Untuk mendukung target itu beragam skenario sudah disiapkan lewat  Festival Barongsai 2019.

Penyelenggaraan Festival Barongsai 2019 yang digelar 26-27 April lalu sudah memasuki tahun ketiga. Juga, Festival Barongsai 2019 masuk kalender tahunan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) dan tahun depan, jumlah itu diyakini akan bertambah lagi.

"Festival Barongsai terus berkembang. Progresnya sangat positif dari tahun ke tahun. Untuk itu, kami akan dorong Festival Barongsai agar masuk CoE tahun depan. Kami membutuhkan banyak event skala nasional untuk mendukung pergerakan wisman. Festival Barongsai levelnya juga akan dinaikkan menjadi dunia,” ungkap Buralimar.

Tahun ini Festival Barongsai 2019 mampu menghadirkan sekitar 157 orang wisatawan mancanegara. Mereka berasal dari 7 tim peserta festival dengan paspor Malaysia dan Singapura. Tahun ini total ada 14 tim yang bertanding dan 50% diisi peserta mancanegara. Festival Barongsai 2019 sudah memenuhi regulasi CoE. Namun, event ini tentu harus menjalani proses kurasi ketat.

"Target wisman dari peserta Festival Barongsai 2019 terpenuhi. Event tersebut bagus untuk menarik arus wisman dari Singapura dan Malaysia. Festival Barongsai memiliki potensi besar berkembang pada masa depan. Kami akan dukung agar Festival Barongsai tetap eksis dan jadi magnet penarik wisman yang kuat," terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Guna mendukung sebagai event kelas dunia, postur Festival Barongsai Karimun akan digelembungkan tahun depan. Penambahan peserta, khususnya asing, akan dilakukan pada 2020. Jumlah dari peserta Singapura dan Malaysia masing-masing akan didorong 20 tim. Komposisi negara peserta juga ditambah Thailand dan Hong Kong. Pun demikian dengan slot domestik.

Minat besar ditunjukan oleh beberapa wilayah terkait penyelenggaraan Festival Barongsai. Pontianak, Medan, Pekanbaru dan Padang sebenarnya sangat antusias bergabung.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menyambut baik penyelenggaraan Festival Barongsai 2019 dan menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kepri sebagai penyelenggara Festival Barongsai 2019. "Kegiatan ini akan menjadi direct promotion yang baik pula bagi Provinsi Kepri pada umumnya dan Karimun pada khususnya. Saya berharap melalui event-event yang diselenggarakan seperti Festival Barongsai ini dapat terus dilaksanakan untuk lebih memperkenalkan provinsi Kepri pada umumnya dan Karimun pada khususnya kepada wisatawan baik dari seluruh Indonesia maupun mancanegara."

Kendati bertajuk Festival Barongsai, kegiatan ini tidak melulu diisi atraksi replika singa Tionghoa. Pada kesempatan yang sama, Pusat Latihan Seni Saujana turut mempersembahkan tarian serta hiburan kolaborasi etnis Tionghoa dan Melayu, dua budaya dari etnis berbeda bersatu menunjukkan keharmonisan. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan tari kreasi oleh Sanggar Kamiorang Art dan penampilan dari Symphonic Band.

Berikut adalah juara Festival Barongsai Karimun 2019.  Juara 1 diraih Hoa Sen, tim dari Meral, Karimun. Juara 2 diraih Kuangnan Bima Satya, tim dari Tanjung Batu, Kundur. Sedangkan Juara 3 diraih Hoon Hong, tim dari Singapura.

Kemudian Juara Harapan 1 diraih oleh Persatuan Kebudayaan dan Sukan Yan Wong, tim dari Malaysia. Juara Harapan 2 diraih oleh Pertubuhan Tarian Singa Thai Hing Nam Wah, tim dari Malaysia. Juara Harapan 3 diraih oleh Zhu Yun Gong, tim dari Singapura. (hl/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,80,Bali,212,Berita Utama,144,Gresik,180,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,78,Nasional,152,Olahraga,10,Regional,344,Tajuk,17,Tanah Bumbu,132,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Dinas Pariwisata Kepri Gelar Festival Barongsai
Dinas Pariwisata Kepri Gelar Festival Barongsai
https://1.bp.blogspot.com/-6BUiOJLs_6A/XOqKejNn94I/AAAAAAAAVH4/dKDjh5_Bv9IelXyRnwhj3Rk4JIcdxpwvwCLcBGAs/s320/riau%2BDinas%2BPariwisata%2BKepri%2BGelar%2BFestival%2BBarongsai%2Bdi%2BKarimun.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6BUiOJLs_6A/XOqKejNn94I/AAAAAAAAVH4/dKDjh5_Bv9IelXyRnwhj3Rk4JIcdxpwvwCLcBGAs/s72-c/riau%2BDinas%2BPariwisata%2BKepri%2BGelar%2BFestival%2BBarongsai%2Bdi%2BKarimun.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/05/dinas-pariwisata-kepri-gelar-festival.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/05/dinas-pariwisata-kepri-gelar-festival.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy