Listrik Sering Mati DPRD Minta PLN Terbuka

BATAM, Korandor.com – SERING terjadi pemadaman listrik di Batam, membuat Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau turut gerah. Ketua...




BATAM, Korandor.com – SERING terjadi pemadaman listrik di Batam, membuat Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau turut gerah. Ketua Komisi III DPRD Kepri Widiastadi Nugroho saat rapat dengar pendapat dengan pihak Bright PLN Batam, Senin (15/4) menyebut akibat kejadian itu cukup banyak warga masyarakat mengeluh.

“Kami selaku wakil rakyat minta kepada Bright PLN Batam agar mau terbuka ke pihaknya. Terus terajg saja apa sesungguhnya menjadi persoalan sehingga listrik di Batam ser4ing padam,” kata Widiastadi.

Selain itu ia minta jika memang ada persoalan yang menyebabkan listrik padam harus segera dibenahi dan diselesaikan. Wakil Ketua Komisi III Surya Makmur Nasution juga berharap Bright PLN Batam mau berterus-terang dan terbuka mengenai penyebab pemadaman listrik. Dari beberapa keluhan masyarakat yang ditampung, diketahui rata-rata pemadaman terjadi antara 30 menit hingga tiga jam. “Jika misalnya akibat kurang pasokan energi silahkan disampaikan. Nanti kita cari solusi terbaik,” kata Surya Makmur.

Selain itu, ia minta kepada pihak Bright PLN Batam agar senantiasa memprioritaskan pasokan listrik untuk keperluan Pemilu seperti di Kantor KPU, Bawaslu serta PPK di Kecamatan-Kecamatan agar proses rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan dengan komputerisasi bisa selalu berjalan lancar.

Anggota Komisi III Irwansyah juga mengatakan pihak Bright PLN Batam seharusnya bisa mengirimkan surat pemberitahuan sebelum dilaksanakan pemadaman. Hal ini agar kami sebagai wakil rakyat khususnya komisi III yang membidangi kelistrikan bisa menjelaskan jika terjadi pemadaman, apa penyebab, hingga berapa lama pemadaman dan lain-lain.

Hingga kini, menurut Irwansyah, pihaknya mengetahui pemadaman listrik setelah muncul keluhan dari masyarakat serta pemberitaan di media massa. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa kenapa harus melayangkan surat pemberitahuan kepada DPRD karena selama ini masyarakat beranggapan bahwa ketika sering terjadi pemadaman maka pasti akan ada kenaikan tarif dan DPRD adalah yang membahas mengenai kenaikan tarif dasar listrik PLN.

Menanggapi hal tersebut Direktur Utama Bright PLN Batam Dadan Kurniadipura meminta maaf atas ketidaknyamanan pelayanan Bright PLN Batam. “Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan pemadaman listrik ini,” kata Dadan.

Ia menjelaskan dari sisi perencanaan Bright PLN Batam memiliki daya yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di Batam, Bintan dan Tanjungpinang. Namun ada beberapa kendala yakni kerusakan mesin di beberapa pembangkit. Berakibat, mau tidak mau, harus dilakukan pemadaman bergilir.

Secara detail ia juga membeberkan sejumlah kerusakan tersebut yakni kerusakan di PLTGU Uncang dan PLTMG DEB Panaran yang mengakibatkan tidak bisa optimal menghasilkan daya listrik. “Dari dua pembangkit tersebut saat ini hanya menghasilkan daya setengah dari kemampuan disaat normal yakni 60 MW di Uncang dan DEB Panaran hanya 40 MW,” terang Dadan.

Selain kerusakan di kedua pembangkit tersebut, PLTU Kasam saat ini hanya mampu menghasilkan daya sebesar 100 MW yang pada saat normal mampu menghasilkan daya hingga 120 MW. Untuk Kasam memang ada kendala satu mesin trip atau tidak beroperasi.

Dari beberapa kendala di pembangkit tersebut saat ini Bright PLN Batam hanya mampu menghasilkan daya total 454 MW sedangkan kebutuhan pada beban puncak mencapai 465 MW. Namun pihak Bright PLN Batam, dijelaskan oleh Dadan sudah mengantisipasi terkait dengan pelaksanaan pemilu 17 April mendatang. “Kami telah memasang genset di KPU, Bawaslu dan PPK di 11 kecamatan untuk mengantisiapsi jika terjadi pemadaman mendadak,” kilah Dadan.

Selain rapat dengan Bright PLN Batam, Komisi III juga meninjau sejumlah pembangkit yang mengalami kerusakan yakni di PLTGU Uncang dan PLTMG DEB Panaran. Hadir dalam peninjaun tersebut semua anggota Komisi III DPRD Kepri. (hl/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,80,Bali,212,Berita Utama,144,Gresik,180,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,78,Nasional,152,Olahraga,10,Regional,344,Tajuk,17,Tanah Bumbu,132,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Listrik Sering Mati DPRD Minta PLN Terbuka
Listrik Sering Mati DPRD Minta PLN Terbuka
https://1.bp.blogspot.com/-Ut5cUwdsBE4/XNgyX4N1PHI/AAAAAAAAU_I/jbjjsajbDgwpm5cDyTEC8OZsyGzL1ajXACLcBGAs/s320/riau%2Blistriksering%2Bmati.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Ut5cUwdsBE4/XNgyX4N1PHI/AAAAAAAAU_I/jbjjsajbDgwpm5cDyTEC8OZsyGzL1ajXACLcBGAs/s72-c/riau%2Blistriksering%2Bmati.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/05/listrik-sering-mati-dprd-minta-pln.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/05/listrik-sering-mati-dprd-minta-pln.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy