Surat KPK ke Bank Jatim Membuat Bendahara Dinas Terkait “Ketar-ketir”

LUMAJANG, Korandor.com -  SURAT Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Bank Jatim agar tidak memberi fee kepada bendahara dinas ...




LUMAJANG, Korandor.com -  SURAT Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Bank Jatim agar tidak memberi fee kepada bendahara dinas terkait dengan kredit yang diajukan pihak Pegawai Negeri Sipil ternyata membuat pihak bendahara di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, “kelimpungan”, ketar-ketir  dan bahkan perlu berpikir keras.

Apalagi selama ini pihak Bank Jatim merasa justru telah terbantukan oleh peran bendahara dinas tertentu terkait dengan kredit yang diajukan para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Ya harus diakui peran bendahara dinas sangat penting dan masih sangat dibutuhkan. Karena pertama, terkait dengan administrasi kepegawaian. Untuk mengajukan pinjaman kredit ke Bank Jatim mereka butuh foko kopi SK dan lain-lain. Tentu ini tidak bisa dilakukan oleh orang lain kecuali pihak sekolah dan dinas pendidikan. Kedua, mereka juga menyiapkan rincian gaji, daftar gaji. Setelah itu bendahara meminta rekomendasi dan tanda tangan ke Dinas Pendidikan”, ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang,  Drs. Winadi MPd.

Pekerjaan ini tentu saja cukup menyita waktu dan ketelatenan. Selama ini, atas jasa para Bendahara Dinas, Bank Jatim tak jarang memberikan kompensasi kepada bendahara dinas berupa fresh money.

Dengan adanya surat KPK itu Dinas Pendidikan Lumajang berharap ada solusi dari Bank Jatim. Kalaupun sudah tidak diperbolehkan lagi pemberian kompensasi/ fee kepada bendahara dinas, maka bentuknya bisa yang lain misalnya berupa kegiatan. Surat sosialisasi Bank Jatim Cabang Lumajang sebagai tindak lanjut surat dari KPK. (dokumentasi).

“Kalau toh tidak bisa lagi diberikan kepada bendahara dinas demi kelancaran Bank Jatim, yang paling memungkinkan adalah berbentuk kegiatan. Misalnya sekolah mengajukan proposal kegiatan ke Bank Jatim dan diketahui oleh dinas pendidikan. Besarannya berapa itu tentu diukur dengan berapa Bank Jatim mendapatkan keuntungan dari sekolah itu. Kan bisa dihitung,” paparnya.

Kemudian, yang terpenting juga adalah dalam kegiatan itu ada poin yang memang bisa diperuntukkan kepada bendahara. Hanya saja, Winadi menggaris bawahi kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah diketahui Dinas Pendidikan. “Proposal kegiatan diberikan kepada Bank Jatim dan diaudit oleh Bank Jatim sendiri. Yang terpenting lagi tidak nabrak aturan, tidak melanggar ketentuan perundang-undangan.”

Diakui, pemberian fee ini sudah berlangsung puluhan tahun dan hampir di semua daerah. Dalam tugas tambahan ini, para bendahara lembaga/ dinas bekerja mulai menyiapkan administrasinya sampai mengantarkan berkas kredit yang diajukan oleh ASN bersangkutan. “Bahkan, dulu ketika masih manual, mereka menghitung dan memotong kredit milik ASN ini. Itu pekerjaan rumit,” tuturnya.

Dia merasa bersyukur Bank Jatim langsung melakukan sosialisasi terkait surat KPK tersebut. Ditanya ada berapa ratus ASN khususnya di dinas pendidikan yang mengajukan kredit/ kompen ke Bank Jatim setiap bulan, Winadi mengaku tidak tahu. “Saya tidak tahu persis. Kita sudah serahkan ke subbag keuangan”, imbuhnya lalu terburu-buru masuk ke dalam ruang kerjanya.

Sekedar mengingatkan, yang hadir dalam acara sosialisasi di ruang rapat Dinas Pendidikan Lumajang, Rabu (8/5/2019) kemarin adalah kepala sekolah/ bagian bendahara sekolah SMP, SMA, SMK Negeri se Kabupaten Lumajang. Sosialiasi yang dikemas dengan BUSINESS GATHERING oleh Bank Jatim, dihadiri Wabup Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati, MSi. (woko/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,80,Bali,212,Berita Utama,144,Gresik,180,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,78,Nasional,152,Olahraga,10,Regional,344,Tajuk,17,Tanah Bumbu,132,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Surat KPK ke Bank Jatim Membuat Bendahara Dinas Terkait “Ketar-ketir”
Surat KPK ke Bank Jatim Membuat Bendahara Dinas Terkait “Ketar-ketir”
https://1.bp.blogspot.com/-HC3NGonwQZE/XNg1o3_-OdI/AAAAAAAAVAM/pk6uMoioO6oaYFllR9bsVz8vPSZhET8kACLcBGAs/s320/lmj%2Bft%2Bbrt%2Bbank%2Bjatim%2Bfresh%2Bmoney%2B%25282%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-HC3NGonwQZE/XNg1o3_-OdI/AAAAAAAAVAM/pk6uMoioO6oaYFllR9bsVz8vPSZhET8kACLcBGAs/s72-c/lmj%2Bft%2Bbrt%2Bbank%2Bjatim%2Bfresh%2Bmoney%2B%25282%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/05/surat-kpk-ke-bank-jatim-membuat.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/05/surat-kpk-ke-bank-jatim-membuat.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy