Waisak dan Kenaikan Isa Almasih Menambah Semarak Idulfitri 1440 H

  Tajuk DOR 722 KENDATI hampir   90 persen penduduk Indonesia beragama Islam, perayaan Kenaikan Isa Almasih ditetapkan sebagai h...



 Tajuk DOR 722



KENDATI hampir  90 persen penduduk Indonesia beragama Islam, perayaan Kenaikan Isa Almasih ditetapkan sebagai hari libur nasional. Umat dan Katolik di Indonesia memperingti acara ini adalah 40 hari setelah Paskah, Tahun 2019 ini, Kenaikan Isa Almasih diperingati pada tanggal 30 Mei 2019, hari Kamis. Demikian pula dengan Umat Budha, yang sebelumnya merayakan Tahun Baru Waisak 2563, pada Hari Minggu, 19 Mei 2019.

Saat perayaan ini, umat Islam sedang melaksanakan ibadah puasa, bulan Ramadhan 1440 Hijrah sebulan penuh. Ibadah wajib puasa itu, diakhiri dengan Hari Raya, yang disebut Idulfitri, 1 Syawal 1440 H yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2019.

Tiga perayaan keagamaan Kristen dan Islam yang beriringan ini, membuat suasana solidaritas keagamaan antara Islam dengan Kristen dan Budha di Indonesia semakin baik. Ada kesan, kendati beda, tetapi mesra.

Walaupun berulangkalipula kita dengar ada upaya pihak tertentu untuk membenturkan antarumat beragama ini,Pemerintah Indonesia berhasil membentengi perbedaan itu. Salah satu di antaranya, adalah rasa kebangsaan Indonesia yang didasari Bhinneka Tunggal Ika, yakni “berbeda-bebad tetapi tetap satu”.

Nah, kiranya kita bisa melihat dari dekat, apa saja ritual keagamaan yang berlangsung saat peringatan Kenaikan Isa Almasih. Di dalam Perjanjian Baru dari Alkitab, Yesus Kristus memiliki lima tonggak utama dalam hidupnya. Tonggak-tonggak ini meliputi: pembaptisan, transfigurasi, penyaliban, kebangkitan dan kenaikan.

Diyakini bahwa setelah Yesus Kristus disalib oleh orang Romawi, kemudian dibangkitkan. Selama hidupnya setelah kebangkitan, Yesus Kristus berbicara kepada para rasul dan pengikutnya tentang ajaran-ajaran Allah. Setelah ini, Yesus Kristus naik ke Surga di hadapan sebelas rasul-rasulnya.

Hari raya Kenaikan Isa Almasih diperingati secara luas di seluruh Indonesia. Skala perayaan di setiap kota di Indonesia berbeda, tergantung dari besar kecilnya populasi komunitas umat Kristiani di kota tersebut. Banyak juga umat Kristiani di Indonesia yang merayakan hari Kenaikan Isa Almasih seperti layaknya perayaan hari raya ini di Eropa. 

Menghadiri Misa di Gereja Kristen merupakan salah satu kegiatan yang seringkali dilakukan di hari Raya Kenaikan Isa Almasih di Indonesia. Detail acara Misa juga sangat beragam dan sangat tergantung dengan jenis Gereja tempat Misa, apakah Gereja Kristen atau Katolik.

Hari Raya Waisak yang sudah berlalu,pecan lalu, membuat Umat Budha di seluruh dunia menyadari kehidupan di dunia yang bakal berlanjut dengan kematian. Hari Waisak yang juga disebut Vesakha, merupakan hari keberuntungan yang memperingati kelahiran, nirwana (pencerahan) dan kematian Budha Gautama. Tiga peristiwa penting itulah yang diseut dengan Trisuci Waisak. Hari Raya Waisak diperingati bersamaan dengan terang bulan atau purnama sidhi.

Jika dilhat pula kegiatan ritual keagamaan Islam yang saat ini sedang berpuasa, ada rangkaian yang cukup menarik. Pembatalan puasa, yang disebut “berbuka puasa” pada saat setelah azan Maghrib, tidak jarang menjadi  ajang silaturahim.

Acara buka puasa bersama, demikian kita lihat dan dengar setiap sore hari. Kesempatan itu digunakan pula untuk meningkatkan ibadah berupa pemberian santunan kepada masyarakat miskin dan dhuafa.

Di beberapa tempat,kita melihat keakraban antar penganut agama di Indonesia. Ritual buka puasa ini dijadikan ajang silaturahim antarumat beragama. Dengan mengundang kaum dhuafa ke suatu tempat yang “mewah” bagi mereka, di sana tidak membedakan kaya dan miskin. Makan dan minum bersama menikmati hidangan yang tersedia.

Memang, pengikut acara ini kaum dhuafa yang berasal dari asrama-asrama Yatim-Piatu dan orang jompo. Tetapi, makanan yang dihidangkan itu, disediakan oleh panitia bersama yang bukan hanya umat Islam. Di sinilah kelihatan suasana akrab.

Tidak hanya itu, selain umat Islam dan Kristen, pada Hari Minggu, 19 Mei, Umat Budha juga merauyakan Tahun Baru Waisak 2563. Di beberapa tempat, peringatan Waisak ini, terjadi pembauran antar umat Budha dengan Umat Islam yang sedang berpuasa. Lagi-lagi, kegiatan ibadah antarumat beragama yang berbeda ini, makin mendekatkan masnusia Indonesia kepada Sang Maha Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa.

Memang,pergaulan antar agama yang juga ditopang oleh keberagaman suku, adat, budaya dan etnis di Negara kita ini, menambah keakraban Nusantara yang dibingkai oleh ikatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Rasanya, apa yang ada di Indonesia ini,sangat jauh berbeda dengan di Negara lain.

Untuk itulah, suasana dua minggu ke depan, menambah akan keragaman budaya dan tradisi. Masyarakat kota dan perantau,melakukan aktivitas tahunan,”pulang ke kampong halaman” yang biasa juga disebut “mudik”. Kegiatan perjalanan dan arus transportasi menjelang puncak perayaan Hari Raya Idulfitri 1440 Hijrah benr-benar terasa.

Persoalan Labaran – begitu hari Idulfitri disebut – bukan hanya menjadi urusan keluarga dan rumahtagga. Tatapi, sudah menjadi urusan pemerintahan Negara.. Pemerintah dengan jajarannya sibuk menyediakan fasilitas transportasi beserta kelancaran lalulintasnya. Baik lalulintas di jalan raya, maupun di laut dan udara. Ssemua sibuk dan disibukkan oleh segala aktivitas merayakan Idulfitri di desa atau kampunghalaman. Belumlagi, acara temu sahabat dan teman lama dalam suatu re-uni antarteman sekolah waktu SD, SMP, SMA, kuliah, mengaji dan sebagainya.

Melalui peringatan hari besar agama yang saat ini kita lalui, Waisak, Kenaikan Isa Almasih, serta Idulfitri, marilah kita tingkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.. Selamat merayakan Tahun Baru Waisak untuk umat Budha, Selamat memperingati Kenaikan Isa Almasih untuk umat Kristiani dan Selamat Idulfitri 1440 Hijrah untuk umat Islam. Marilah kita saling menghormati dan saling memaafkan. (yousri)


COMMENTS

ADVERTORIAL,100,Bali,248,Berita Utama,173,Gresik,212,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,97,Nasional,177,Olahraga,10,Regional,407,Tajuk,24,Tanah Bumbu,189,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Waisak dan Kenaikan Isa Almasih Menambah Semarak Idulfitri 1440 H
Waisak dan Kenaikan Isa Almasih Menambah Semarak Idulfitri 1440 H
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/05/waisak-dan-kenaikan-isa-almasih.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/05/waisak-dan-kenaikan-isa-almasih.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy