Ratusan Miliar Anggaran SPAM Umbulan Layak Ditelusuri

SURABAYA, Korandor.com - PEMERINTAH menargetkan penyelesaian pembangunan reservoir dan jaringan pipa distribusi utama untuk offtake...




SURABAYA, Korandor.com - PEMERINTAH menargetkan penyelesaian pembangunan reservoir dan jaringan pipa distribusi utama untuk offtake Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan, Pasuruan Jawa Timur selesai pada pertengahan 2019.

Seperti dikutip dari website PT SMI salahsatu perusahaan BUMN, “Mantan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sri Hartoyo mengatakan, pembangunan reservoir dan jaringan pipa distribusi utama untuk offtake sistem penyediaan air minum (SPAM) Umbulan dilakukan oleh 3 BUMN yang saat ini tengah dimulai dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun depan.

‘Tiga badan usaha itu yakni PT Wijaya Kusuma Emindo, PT Adhi Karya Tbk, dan PT Brantas Abipraya,” ujarnya kepada media.

Data diterima Koran DOR, untuk pembangunan offtake Kabupaten dan Kota Pasuruan SPAM Umbulan dilakukan oleh PT Adhi Karya senilai Rp 237,56 miliar.

Offtake jaringan dari SPAM Umbulan dari Surabaya – Gresik dibangun oleh PT Wijaya Kusuma Emindo senilai Rp 73,96 miliar.

Dan untuk offtake Kabupaten Sidoarjo dari SPAM Umbulan senilai Rp 189,02 miliar, dibangun PT Brantas Abipraya.

SPAM Umbulan ini masuk dalam Perpres 3 tahun 2016, proyek ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dilakukan percepatan dan pembangunannya dilaksanakan melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

SPAM ini dibangun oleh PT Meta Adhya Tirta Umbulan yang merupakan konsorsium PT Medco Energi Internasional Tbk dan PT Bangun Cipta.

Skema BOT

Proyek SPAM Umbulan akan menggunakan skema Built Operate Transfer (BOT) dengan masa kerja sama 25 tahun sejak tanggal beroperasi komersial.

Pembangunan SPAM Umbulan ini menelan investasi senilai Rp 2,05 triliun yang terdiri dari badan usaha senilai Rp l,232 triliun dan dana talangan Vability Gap Fund (VGF) dari pemerintah yakni Kementerian Keuangan senilai Rp 818 miliar.

Anggaran Rp 461 miliar tersebut terdiri dari Rp 400 miliar untuk pembangunan jaringan distribusi utama sampai dengan reservoir offtake, pembangunan instalasi pengolahan air dari Kali Rejoso dengan kapasitas 300 liter per detik, izin penempatan pipa pada jalan tol yakni ruas Pasuruan-Gempol, Gempol-Pandaan, Surabaya-Gempol, Surabaya-Mojokerto dan Surabaya-Gresik.



Selain itu, senilai Rp 40 miliar untuk pembangunan SPAM di dua kecamatan dan Rp 21 miliar pengembangan SPAM kota Surabaya melalui program Kota Binaan Akses Aman Air Minum dan SPAM di 12 kecamatan rawan air di kabupaten Pasuruan.

Untuk pembangunan jaringan distribusi dan sambungan rumah Rp 2 triliun dari APBD/ PDAM Kab/Kota offtake. Selain itu APBD Provinsi Rp 16 miliar untuk pembebasan tanah yang digunakan bangunan instalasi.

SPAM Umbulan ini memiliki kapasitas 4.000 liter per detik dengan air baku berasal dari mata air Umbulan yang berlokasi di desa Umbulan yang disalurkan melalui pipa transmisi air baku ND 1.000-1.800 mm sepanjang 93 kilometer.

Air minum tersebut akan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Pemprov Jawa Timur untuk kemudian disalurkan guna melayani 1,3 juta masyarakat.



Pengamatan Koran DOR di lapangan, Kamis (27/6) tepatnya di ruas tol Surabaya-Gempol, masih ditemukan para pekerja sedang melakukan pemasangan pipa. Lokasinya ada yang berada di sisi kiri dan kanan ruas tol. Melihat anggaran yang digunakan yakni tahun 2017-2019, apakah pekerjaan tersebut dapat selesai tepat waktu yakni tahun 2019 ? bahkan informasi diterima Koran DOR, untuk pembuatan reservoir, masih ditemukan beberapa titik yang lahannya belum clear ? lalu dimana sajakah tempat pembangunan reservoir tersebut ? seperti apakah kualitas pekerjaan dan siapa sajakah subkontraktor pekerjaan tersebut ? ikuti penelusuran Koran DOR edisi mendatang. Bersambung (joe)

COMMENTS

ADVERTORIAL,97,Bali,238,Berita Utama,163,Gresik,203,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,92,Nasional,169,Olahraga,10,Regional,391,Tajuk,21,Tanah Bumbu,156,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Ratusan Miliar Anggaran SPAM Umbulan Layak Ditelusuri
Ratusan Miliar Anggaran SPAM Umbulan Layak Ditelusuri
https://1.bp.blogspot.com/-7pcK-nmjZck/XRgz4A3_ebI/AAAAAAAAVcw/X4e5iKzK2pA8oDqQj9t5muduETovEPnhACLcBGAs/s320/spam%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7pcK-nmjZck/XRgz4A3_ebI/AAAAAAAAVcw/X4e5iKzK2pA8oDqQj9t5muduETovEPnhACLcBGAs/s72-c/spam%2B1.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/06/ratusan-miliar-anggaran-spam-umbulan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/06/ratusan-miliar-anggaran-spam-umbulan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy