Sekda Kota Probolinggo Tertipu Lewat WhatsApp

PROBOLINGGO, Korandor.com – WASPADA dan selalu hati-hatilah dalam penggunaan jejaring media sosial (medsos) semacami WhatsApp ...





PROBOLINGGO, Korandor.com – WASPADA dan selalu hati-hatilah dalam penggunaan jejaring media sosial (medsos) semacami WhatsApp. Apalagi berkomunikasi dengan seseorang yang belum dikenal. Sebab, terbukti sudah banyak yang kemudian kena tipu muslihat.

Adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo, termasuk salah sastu yang kena tipu melalui WhatsApp. Didapat informasi, seseorang yang tidak dikenal coba berkomunikasi melalui WhatsApp dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo. Semula, dia mengaku Kepala Satpol PP Kota Probolinggo, Agus Effendi.

Pelaku berhasil mendapatkan uang dari Sekda Kota Probolinggo sebesar Rp 6 juta. Penipuan tersebut ternyata dilakukan dengan cara membajak akun WhatsApp (WA) milik Agus Effendi. Penipuan itu terjadi Selasa (11/6) lalu sekitar pukul 08.30 wib. “Ada orang mengatasnamakan saya dan menggunakan akun WA saya. Sangat mungkin Identitas saya sudah lebih dulu kena hacker,” kata Agus.

Agus Effendi mengaku, Selasa pagi, ada pesan masuk ke WA-nya dari nomor yang tidak dikenal. Gambar atau foto profil pada WA itu Kabid Humas Satpol PP Pemprov, Pak Haris. “Nomor itu tidak tahu milik siapa. Setelah saya cek foto di  WA, tampak gambar Humas Satpol PP Provinsi dan kebetulan saya kenal,.” Kilah dia.

Lantaran tidak curiga, pesan WA itu kemudian dibalas. Dalam percakapan via WA, Haris menawarkan bisnis kepada Agus Effendi. Sehingga, ia minta tolong jika ada Short Message Service (SMS) masuk agar dikopi dan dikirim ke WA-nya. Lalu, tanpa pikir panjang, begitu ada SMS masuk, Agus Effendi langsung mengirim ke WA milik pelaku.

“Saat itu saya sedang ngobrol dengan petugas CPM. Jadi, kurang memperhatikan tulisan dalam SMS tersebut. Ketika saya terima SMS, saya langsung teruskan dan kirim ke WA tersebut,” jelas dia.

Usai mengirim SMS itu, WA milik Agus Effendi error (blenk). Dia pun berusaha mengotak-atik namun tetap tak bisa digunakan. “Saya diamkan sebab dipikir semua seperti itu,  WA sedang error,” kilah dia lagi.

Rupanya, WA milik dia sudah dikendalikan orang yang tidak dikenal dan berani minta sejumlah uang dari kerabatnya. Termasuk Sekda Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwigyo.“Pelaku menggunakan WA saya meminta uang dengan alasan pinjam. Mulai Rp 2 juta hingga Rp 6 juta. Saya rasa WA Haris yang dipakai olehnya (pelaku), juga kena hack,” tambah  dia..

Ia baru sadar WA-nya kena hack saat dihubungi Sekda. Bahkan, Sekda Kota Probolinggo sebelumnya telah memberi uang Rp 6 juta. Ia curiga karena WA yang mengatasnamakan Kasatpol PP itu kembali ingin meminjam uang Rp 4 juta.

“Jadi di HP saya WA-nya kan error, rupanya digunakan orang yang tidak dikenal untuk meminta uang. Saya tahunya saat di telpon Pak Agus. Dia bilang buat apa uang Rp 4 juta, kan sudah dikasih Rp 6 juta. Dari sana, saya sadar kalau ada aksi penipuan,” ujar Agus Effendi. Hari itu juga, sekitar pukul 15.30, Agus Effendi melaporkan penipuan itu ke SPKT Polres Probolinggo Kota. “Namun, belum bisa diterima soalnya buktinya kurang kuat. Jadi, masih tunggu WA saya bisa atau normal.”

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan WhatsApp dan tidak mudah percaya kepada nomor yang tidak dikenalnya.“Masyarakat supaya berhati-hati bila ada orang yang tidak dikenal dan tidak jelas menghubungi. Dengan cara apapun yang menyangkut data pribadi,” tambah Agus Effendy.. (woko/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,107,Bali,271,Berita Utama,196,Gresik,229,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,106,Nasional,191,Olahraga,10,Regional,438,Tajuk,29,Tanah Bumbu,233,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Sekda Kota Probolinggo Tertipu Lewat WhatsApp
Sekda Kota Probolinggo Tertipu Lewat WhatsApp
https://1.bp.blogspot.com/-on6OJyiidKU/XQZWH_LUQgI/AAAAAAAAVOA/0QVQsiiG_hYkn8AiE4yTRp11Bh1-bZrUwCLcBGAs/s320/prob%2Bgara-gara%2BwhatsApp.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-on6OJyiidKU/XQZWH_LUQgI/AAAAAAAAVOA/0QVQsiiG_hYkn8AiE4yTRp11Bh1-bZrUwCLcBGAs/s72-c/prob%2Bgara-gara%2BwhatsApp.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/06/sekda-kota-probolinggo-tertipu-lewat.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/06/sekda-kota-probolinggo-tertipu-lewat.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy